Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Max dan Samsung Galaxy S23 Ultra Dijatuhkan, Mana yang Tahan Banting?

Kompas.com - 04/10/2023, 10:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua smartphone kelas atas (flagship) bikinan Samsung dan Apple, yakni Galaxy S23 Ultra dan iPhone 15 Pro Max, dijatuhkan dari ketinggian untuk menguji ketahanan perangkat.

Pengujian dilakukan oleh salah seorang YouTuber PhoneBuff. Dalam video berdurasi sekitar 8 menit itu, Samsung S23 Ultra varian Red dan iPhone 15 Pro Max warna Black Titanium dijatuhkan dari ketinggalan 1,5 meter ke permukaan yang kasar.

Kedua perangkat dijatuhkan beberapa kali dalam posisi yang berbeda, untuk melihat apakah bodi, layar, dan kameranya masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Lantas, bagaimana hasil uji jatuh tersebut?

Pengujian bagian punggung

Uji jatuh pertama, menguji ketahanan dari punggung iPhone 15 Pro Max dan Galaxu S23 UltraPhoneBuff Uji jatuh pertama, menguji ketahanan dari punggung iPhone 15 Pro Max dan Galaxu S23 Ultra
Pengujian pertama ingin melihat ketahanan dari punggung perangkat. iPhone 15 Pro Max dan Samsung S23 Ultra dijatuhkan ke permukaan kasar, seperti aspal.

Punggung iPhone 15 Pro Max tampak mendapat goresan, retakan, dan pecah yang lebih banyak, khususnya di bagian bawah cangkang. Sementara itu, Samsung Galaxy S23 Ultra terlihat masih dalam kondisi yang lebih baik.

Hanya terdapat pecahan di ujung bodi bagian kiri bawah dan kanan atas. Ada beberapa retakan yang tampak samar. Pecahan baru tampak jika dilihat dari jarak pandang yang lebih dekat.

Sebagai informasi, Samsung S23 Ultra dilindungi oleh laposan kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus 2, sedangkan iPhone 15 Pro Max dilaposi kaca pelindung Dual-Ion Glass.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Dibuat Beku 6 Jam, Masih Aman Dipakai?

Pengujian frame

Uji jatuh kedua adalah menguji ketahanan sudut iPhone 15 Pro Max (kanan) dan Galaxy S23 Ultra (kiri)PhoneBuff Uji jatuh kedua adalah menguji ketahanan sudut iPhone 15 Pro Max (kanan) dan Galaxy S23 Ultra (kiri)
Pengujian kedua masih seputar ketahanan bodi. Uji jatuh kali ini adalah melihat ketahanan dari bagian sudut frame atau bingkai perangkat.

iPhone 15 Pro Max dan Samsung Galaxy S23 Ultra dijatuhkan dalam posisi miring, agar bagian yang terkena permukaan lebih dulu adalah bagian samping bodi.

Hasil yang ditemukan juga berbeda. Bingkai bagian sudut Samsung S23 Ultra pecah dan retakannya sedikit memengaruhi punggung perangkat. Namun, pecahannya tidak sebanyak iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 Pro Max saat dijatuhkan menghasilkan serpihan pecahan kaca yang lebih banyak ketimbang Galaxy S23 Ultra. Uji coba yang kedua membuat punggung perangkat terlihat cukup rusak hingga menghilangkan lapisan warna dari cangkang.

Kendati begitu, bagian bingkai iPhone 15 Pro Max tidak pecah sama sekali, hanya terdapat sedikit goresan kecil. Uji jatuh ini menunjukkan bahwa bingkai bermaterial titanium ini punya ketahanan yang cukup tinggi.

Sebab, saat Apple memperkenalkan iPhone 15 series, bodi titanium di varian Pro diklaim lebih kuat, lebih tahan banting, serta lebih ringan dari iPhone 14 Pro sebelumnya.

Pengujian ketahanan layar

Uji jatuh ketiga adalah menguji ketahanan layar iPhone 15 Pro Max dan Galaxy S23 Ultra. Layar Galaxy S23 Ultra jauh lebih pecah ketimbang iPhone 15 Pro MaxPhoneBuff Uji jatuh ketiga adalah menguji ketahanan layar iPhone 15 Pro Max dan Galaxy S23 Ultra. Layar Galaxy S23 Ultra jauh lebih pecah ketimbang iPhone 15 Pro Max
Pengujian ketiga adalah ketahanan layar. iPhone 15 Pro Max dan Samsung S23 Ultra dijatuhkan dengan layar menghadap ke bawah. Artinya, layar perangkat akan terbentur dengan permukaan kasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com