Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Kunci HP Lipat Oppo Find N3, Layar Depan Lebih Luas

Kompas.com - 04/10/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Oppo tengah menyiapkan smartphone lipat terbarunya, yakni Oppo Find N3. Walaupun belum diluncurkan, banyak rumor spesifikasi Oppo Find N3 yang beredar di jagat maya.

Rumor terbaru datang dari pembocor gadget kenamaan, Digital Chat Station di forum Weibo. Menurutnya, Oppo Find N3 konon bakal mengusung layar utama seluas 7,82 inci dengan resolusi 2.268 x 2.440 piksel, meningkat dari 7,1 inci di Oppo Find N2.

Sementara itu, layar bagian luar atau cover screen berukuran lebih luas dri pendahulunya, yakni 6,31 inci dengan resolusi 2.484 x 1.116 piksel. Sebelumnya, Oppo Find N2 mengusung cover screen 5,54 inci saja.

Baik layar utama maupun cover screen dirumorkan akan menggunakan panel OLED dengan refresh rate 120 Hz.

Di sektor fotografi, ponsel lipat anyar ini kabarnya akan dilengkapi tiga kamera belakang, yang mencakup kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 48 MP, dan kamera telephoto 64 MP dengan zoom optik 3x.

Baca juga: HP Lipat Oppo Find N3 Flip Dipastikan Masuk Indonesia, Ada Diskon bagi Peminat Awal

Untuk selfie, Oppo Find N3 disebut mengandalkan kamera 32 MP dan kamera 20 MP.

Laporan sebelumnya juga mengeklaim bahwa gawai ini bakal mengandalkan sensor kamera Sony bertumpuk dua lapis (stacked).

Teknologi ini sejatinya menggunakan desain dua lapisan untuk memisahkan lapisan transistor dan diode foto (jenis diode yang mengubah energi cahaya menjadi arus listrik).

Dengan begitu, Oppo memungkinkan penggunaan diode foto yang lebih besar, sehingga bisa menangkap lebih banyak cahaya dan mengurangi kebisingan gambar, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik.

Untuk jeroan, Oppo Find N3 rumornya akan diotaki System-on-Chip (SoC) besutan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2, yang dipadukan dengan RAM 16 GB dan media penyimpanan (storage) 1 TB.

Kemudian pada sektor baterai, Oppo Find N3 kabarnya akan mengalami peningkatan kapasitas baterai dari 4.520 mAh ke 4.805 mAh. Teknologi pengisian cepat yang didukung juga rumornya akan meningkat, dari 67 Watt di Oppo Find N2 menjadi 100 Watt.

Sejauh ini, tidak diketahui tanggal peluncuran dan harga dari Oppo Find N3. Akan tetapi, smartphone lipat ini diperkirakan akan meluncur pada kuartal keempat tahun ini, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Rabu (4/10/2023).

Segera masuk Indonesia?

Smartphone Oppo Find N3 kabarnya akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Indikasinya, sebuah ponsel dengan model "Oppo CPH2499" yang diduga sebagai Find N3, sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dalam laman sertifikat TKDN dengan nomor 5169/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 yang terbit pada 15 Juni 2023 tersebut, ponsel lipat teranyar Oppo ini lolos uji dengan Nilai TKDN Barang 37,05 persen.

Selain sudah lolos uji TKDN, perangkat yang diyakini sebagai Oppo Find N3 itu juga sudah lolos sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam laman sertifikat Postel, perangkat dengan model CPH2499 tampaknya sudah diizinkan dipakai di Tanah Air dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023. Sertifikat ini terbit sekitar satu bulan setelah Oppo Find N3 lolos uji TKDN, yaitu tepatnya pada 10 Juli 2023.

Oppo CPH2499 di laman TKDN Kemenperin (kiri) dan Postel Ditjen SDPPI Kominfo (kanan) yang diyakini sebagai Oppo Find N3.KOMPAS.com/Bill Clinten Oppo CPH2499 di laman TKDN Kemenperin (kiri) dan Postel Ditjen SDPPI Kominfo (kanan) yang diyakini sebagai Oppo Find N3.
Meski sudah muncul di laman Kemenperin dan Ditjen SDPPI Kominfo, belum bisa dipastikan apakah perangkat dengan model tersebut merupakan benar-benar Oppo Find N3 atau bukan.

Terlebih, pihak Oppo Indonesia saat ini belum mengumbar hal apapun terkait kehadiran Oppo Find N3 di Indonesia. Yang jelas, ponsel lipat versi sebelumnya Oppo Find N2 tidak masuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com