Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ponsel Lipat Oppo Find N3 Layak Ditunggu

Kompas.com - 15/08/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo tengah bersiap memboyong salah satu ponsel lipat terbarunya, Oppo Find N3 ke Indonesia. Oppo Find N3 memiliki desain lipat vertikal, di mana ponsel dibuka layaknya membaca buku.

Suksesor Oppo Find N2 tersebut juga sudah lolos sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serta sertifikasi Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Saat ini, tanggal peluncuran Oppo Find N3, baik itu secara global maupun di Tanah Air, masih misterius.  Namun menjelang peluncurannya yang konon akan terjadi sebelum akhir 2023 ini, rumor terkait desain dan spesifikasi Oppo Find N3 sudah menyeruak sedemikian rupa di internet. 

Baca juga: Oppo Find N3 Sudah Dapat Sertifikasi Postel dan TKDN Indonesia

Berikut ini adalah rangkuman bocoran desain dan spesifikasi Oppo Find N3 yang telah beredar dari sumber tipster atau akun-akun pembocor gadget, sehingga membuatnya layak ditunggu masuk Indonesia.

Lebih tipis dan rapat

Secara desain, ponsel lipat terbaru Oppo ini konon masih akan mengusung tampilan yang sama seperti Oppo Find N2. Artinya, mekanisme lipatan yang diusung akan menyerupai sebuah "buku". 

Meski serupa, Oppo disebut bakal melakukan sejumlah peningkatan, salah satunya berasal dari layar utama yang kabarnya akan memiliki bekas lipatan (crease) yang lebih samar. 

Selain itu, sistem engsel (hinge) Oppo Find N3 juga disebut akan membuat Oppo Find N3 sangat rapat ketika dilipat (gapless).

Dengan kata lain, debu atau cahaya tak akan mudah masuk ketika ponsel ini dalam keadaan dilipat. 

Oppo Find N3 juga dikabarkan akan memiliki dimensi yang lebih lebar dibanding Oppo Find N2 saat ponsel dibentangkan maupun dilipat.

Kendati demikian, dimensi ketebalan dan bobot ponsel tersebut akan tetap tipis, dan kabarnya malah lebih tipis dan ringan dari Find N2. Belum bisa dipastikan berapa tepatnya angka dimensi ketebalan dan bobot dari Oppo Find N3.

Masih soal desain, layar utama Oppo Find N3 konon akan mengusung panel AMOLED berukuran 8 inci dengan resolusi 2K, meningkat dari 7,1 inci di Oppo Find N2. 

Lalu untuk layar sekunder, ponsel ini kabarnya akan memakai panel AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi Full HD Plus, meningkat dari Oppo Find N2 dengan 5,54 inci.

Hal ini dianggap melegakan, sebab rasio layar sampul (cover screen) saat dilipat menjadi lebih lebar juga. Sehingga layar depan itu terasa lebih lega, layaknya sebuah ponsel mini.

Bocoran desain OnePlus Open, yang kabarnya di China akan dijual dengan merek Oppo Find N3.Twitter/Onleaks Bocoran desain OnePlus Open, yang kabarnya di China akan dijual dengan merek Oppo Find N3.

Kamera kelas flagship

Bocoran lain menyebut kamera yang akan diusung Oppo FInd N3 adalah kamera sekelas flagship.

Baca juga: Bocoran Tampang Oppo Find N3 Flip, Punya Kamera Lebih Banyak

Sebagai gambaran, ponsel flaghsip Oppo saat ini adalah Find X6 Pro dengan konfigurasi kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 50 MP (f/2.6), serta satu kamera selfie 32 MP (f/2.4), serta dukungan dari Hasselblad.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com