Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Apple Tak Lagi Bisa Minta Bantuan Teknisi via X Twitter

Kompas.com - 04/10/2023, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pengguna produk Apple kini tak bisa lagi mendapatkan bantuan dari tenaga teknisi atau layanan pelanggan lewat platform media sosial X (dulu Twitter). Hal ini pertama kali diketahui oleh outlet media Mac Rumors.

Menurut laporan Mac Rumors, per 1 Oktober 2023, ketika pengguna produk Apple mengirim pesan langsung/direct message (DM) ke akun resmi @AppleSupport di X, mereka akan langsung diarahkan ke situs resmi Apple dan aplikasi Apple Support di iPhone dan iPad.

"Terima kasih telah menghubungi kami. Kami bisa membantu, namun untuk memberikan bantuan terbaik, kami sarankan untuk melanjutkan ke saluran bantuan lain," begitu pesan yang muncul setelah pengguna mengirim pesan bantuan ke akun Apple Support di X.

Pesan tersebut juga disertai tautan ke situs resmi Apple. Akun tersebut juga tampaknya menghentikan pemberian bantuan dari teknisi manusia, yang dikirim pengguna melalui unggahan atau posting.

Berdasarkan pantauan KompasTekno dari balasan di akun @AppleSupport, beberapa keluhan tampaknya dijawab secara templat, yang kemungkinan menggunakan bantuan mesin (bot).

Baca juga: Apple Watch Generasi Pertama Divonis Kuno, Apa Artinya?

Padahal, sebelumnya pengguna produk Apple bisa mendapatkan bantuan langsung secara virtual dari tenaga teknisi atau layanan pelanggan Apple, dengan hanya mengirim DM atau membuat posting di X dengan me-mention (menyebut) akun @AppleSupport.

Apple belum mengumumkan penyetopan dukungan bagi pelanggan, lewat Apple Support. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, AS itu juga belum memberikan tanggapan ketika ditanya soal kebijakan tersebut, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (4/10/2023).

Meski demikian, respons dari Apple Support di X Twitter seolah mengonfirmasi perubahan itu.

Terlepas dari dihapusnya praktik dukungan Apple lewat X Twitter dihentikan, akun @AppleSupport masih tersedia.

Hanya saja, deskripsi profilnya berubah dari "tersedia setiap hari untuk menjjawab pertanyaan Anda", menjadi "Kami di sini untuk memberikan tips, trik dan informasi berguna saat Anda butuhkan".

Screenshot akun Apple Support di X TwitterKompas.com/Lely Maulida Screenshot akun Apple Support di X Twitter

Selain di X Twitter, dukungan bagi pelanggan tampaknya disetop pula di Youtube. Sebelumnya, pengguna bisa bertanya soal masalah produk Apple lewat komentar di video yang diunggah lewat saluran Youtube Apple.

Baca juga: 5 Besar Vendor HP Amerika Utara: Apple Nomor Satu, Android Samsung Teratas

Meski demikian, bantuan pelanggan di forum Apple Support kabarnya masih akan dipertahankan sementara, sampai layanan bantuan lewat telepon tersedia.

Kabar penyetopan bantuan pelanggan ini sebenarnya sudah mencuat sejak Agustus lalu. Menurut laporan Mac Rumors, Apple saat itu berencana memangkas sekitar 150 karyawan yang mengisi posisi konsultan dukungan media sosial.

Karyawan yang menempati peran itu, bertugas membantu pelanggan lewat X Twitter, Youtube dan forum Apple Support Community.

Apple sudah menyediakan layanan pelanggan yang ditangani tenaga teknis langsung lewat X sejak 2016 lalu, ketika platform tersebut masih bernama Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com