Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Headset VR Meta Quest 3 Resmi, Berbasis Mixed Reality Mirip Apple Vision Pro

Kompas.com - 29/09/2023, 18:50 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan Juli lalu, Meta akhirnya resmi merilis kacamata virtual reality (VR) terbarunya yang diberi nama Meta Quest 3

Kacamata ini sebenarnya tak hanya bisa menjalankan kinerja VR, namun Meta mengeklaim bahwa perangkat terbarunya ini merupakan gabungan VR dan augmented reality (AR). Gabungan VR dan AR biasanya dijuluki Mixed Reality (MR).

Itu artinya, Meta Quest 3 memiliki kemampuan yang mirip dengan headset Vision Pro besutan Apple, yang juga berbasis Mixed Reality.

Karena berbasis teknologi MR, Zuck juga mengatakan bahwa Meta Quest 3 mampu menggabungkan dunia fisik (nyata) dan digital secara bersamaan. Kemampuan MR di perangkat ini bisa diwujudkan berkat fitur passthrough full color beresolusi tinggi.

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat warna dan kondisi sekeliling mereka melalui kamera eksternal. Dengan begitu, elemen VR bisa digabungkan dengan elemen AR yang berasal dari dunia nyata.

Baca juga: Meta Bikin Layanan Langganan Game VR Quest Plus, Ini Harganya

Nah, supaya fitur dan aktivitas MR di headset ini berjalan dengan optimal, Meta Quest 3 ditenagai dengan chipset Snapdragon XR2 Gen 2 yang dipadu dengan DRAM sebesar 8 GB.

Lalu untuk memproyeksikan konten, Meta Quest 3 mengadopsi dua kamera RGB dan satu unit depth projector. Meta mengeklaim resolusi dari depth projector ini bisa 10 kali lebih besar dan jernih dibanding pendahulunya.

Ilustrasi headset MR Meta Quest 3.GSMArena Ilustrasi headset MR Meta Quest 3.

 

Di aspek desain, Meta Quest 3 diklaim lebih tipis dari Meta Quest 2, dan lensa-lensa optis yang ada di dalamnya diklaim 40 persen lebih kecil. Perangkat ini memiliki layar dengan resolusi 2.208 x 2.064 piksel, refresh rate 90 Hz, dan 120 Hz untuk mode Experimental.

Untuk field of view (FoV), Meta Quest 3 memiliki bidang pandang 110 derajat untuk pandangan horizontal dan 96 derajat untuk pandangan vertikal.

Baca juga: Game Xbox Bisa Dimainkan dengan Headset VR Meta Quest 2 dan Quest Pro

Pada sektor daya tahan baterai, Meta Quest 3 diklaim tahan hingga 2,2 jam dalam penggunaan normal. Ketika daya baterainya habis, perangkat bisa diisi dayanya secara penuh dalam waktu sekitar 2,3 jam dengan teknologi pengisi daya 18 watt.

Fitur pendukung lainnya di Meta Quest 3 mencakup 3D Spatial Audio, Touch Plus Controllers dengan teknologi TruTouch Haptics, empat buah IR Camera untuk mengecek kondisi sekeliling pengguna, dan masih banyak lagi.

Untuk ketersediaan, Meta Quest 3 sudah bisa dipesan di pasar Amerika Serikat (AS) dengan harga 500 dollar AS (sekitar Rp 7,7 juta) untuk varian terendah 128 GB, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (29/9/2023). 

Varian tertinggi dari headset MR ini adalah 512 GB dan dijual dengan harga 650 dollar AS (sekitar Rp 10 juta). Tidak disebutkan apakah Meta Quest 3 akan dipasarkan di negara lain atau tidak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com