Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Samsung Galaxy Tab A9 Diam-diam Meluncur, Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 07/10/2023, 16:45 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung diam-diam meluncurkan tablet entry-level terbarunya, yakni Galaxy Tab A9. Disebut diam-diam, lantaran tablet Galaxy Tab A9 ini mendadak muncul di situs resmi Samsung Guatemala dan marketplace Amazon Uni Emirat Arab (UEA).

Sebenarnya, di situs resmi Samsung Guatemala, hanya ada Galaxy Tab A9 yang dipajang. Namun, di markerplace Amazon, terselip juga foto Galaxy Tab A9 Plus, namun tidak ada informasi soal spesifikasi maupun harga.

Sementara di situs resmi Samsung Guatemala, informasi spesifikasi Samsung Tab A9 sudah muncul meskipun belum lengkap. Banderol harganya pun sudah terpajang.

Dari gambar yang dipajang, Galaxy Tab A9 tampak masih memiliki bezel (bingkai layar) yang cukup tebal. Layar terlihat memiliki satu kamera depan. Di sisi kanannya, terdapat dua tombol yang diduga tombol daya dan pengeras volume.

Baca juga: Tanda-tanda Samsung Galaxy Tab A9 dan Tab A9+ Segera Masuk Indonesia

Belum diketahui warna apa saja yang tersedia, namun di situs resmi Samsung Guatemala dan Amazon UEA, saat ini baru ditampilkan warna abu-abu (grey).

Berdasarkan informasi spesifikasi di laman Amazon UEA, Galaxy Tab A9 dibekali layar IPS LCS seluas 8,7 inci dan resolusinya 800 x 1.340 piksel.

Baik di situs resmi Samsung Guatemala maupun Amazon UEA, tidak disebutkan System-on-Chip (SoC) yang digunakan. Namun, menurut rumor yang beredar sebelumnya, laman database Google Play Console menyebut bahwa Galaxy Tab A9 "diotaki" Mediatek Helio G99 yang dipadu RAM 4 GB dan storage 64 GB.

Tangkapan layar situs resmi Samsung Guatemala yang sudah memajang Galaxy Tab A9.Samsung Guatemala Tangkapan layar situs resmi Samsung Guatemala yang sudah memajang Galaxy Tab A9.

Media penyimpanannya bisa diperluas dengan microSD. Belum ada informasi soal spesifikasi kamera serta baterai perangkat ini. Hanya disebutkan bahwa tablet ini akan mendukung pengisian daya 15 watt.

Di situs Amazon UEA dan Samsung Guatemala, hanya disebutkan model yang mendukung konektivitas LTE. Belum diketahui apakah ada model lain yang hanya mendukung WiFi saja.

Di Guatemala, Galaxy Tab A9 dibanderol 1.499 Quetzal Guatemala atau sekitar Rp 3 jutaan. Tablet ini tampaknya sudah bisa dibeli lewat situs resmi Samsung Guatemala.

Galaxy Tab A9 Plus

Sementara itu, untuk Galaxy Tab A9 Plus, kabarnya akan mengusung spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibanding Galaxy Tab A9.

Berbeda dengan versi "reguler", Galaxy Tab A9 Plus konon akan memiliki layar yang lebih luas. Tablet ini dibekali layar panel LCD berbentang 11 inci dengan resolusi 1.200 x 1.920 piksel.

Tablet ini kabarnya akan "diotaki" chipset Snapdragon 695 yang akan dipadu dengan RAM 8/128 GB. Artinya, opsi RAM dan storage di model “Plus” kemungkinan bakal lebih besar daripada varian reguler. Tablet ini juga kemungkinan akan mendukung konektivitas 5G.

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Galaxy Tab A9 series disinyalir menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) OneUI 5.1. Tablet ini, begitu pula dengan Galaxy Tab A9 reguler, konon akan dibekali baterai 5.000 mAh, dilengkapi colokan jack audio 3,5 mm, jaringan 4G/LTE, Wi-FI, USB-C, dan Bluetooth 5.0.

Segera masuk Indonesia?

Samsung Galaxy Tab A9 series terdaftar di laman sertifikasi Postel pada 6 dan 7 September 2023.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Samsung Galaxy Tab A9 series terdaftar di laman sertifikasi Postel pada 6 dan 7 September 2023.
Samsung Galaxy Tab A9 series tampaknya akan diboyong ke Tanah Air dalam waktu dekat. Indikasinya muncul dari laman Postel SDPPI Kominfo (Pos dan Telekomunikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika).

Pantauan KompasTekno, Galaxy Tab A9 didaftarkan dalam dua sertifikat berbeda. Masing-masing sertifikat bernomor 93367/SDPPI/2023 dan 93330/SDPPI/2023. Keduanya diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia pada 6 September dan 7 September 2023.

Sertifikat yang terdaftar terdiri dari nomor model yang berbeda. Galaxy Tab A9 memiliki nomor model “SM-X115”, sedangkan Galaxy Tab A9 Plus bernomor model “SM-X210”.

Kemunculan perangkat di laman Postel SDPPI Kominfo mengindikasikan Galaxy Tab A9 series bakal segera meluncur di Indonesia. Sebab, sertifikasi ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi vendor sebelum menjual perangkat elektronik di Indonesia.

Bila laporan dan temuan ini akurat, Galaxy Tab A9 series akan menjadi penerus dari Galaxy Tab A8, yang sudah lebih dulu dirilis pada Januari 2022 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com