Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel dan Cara Mengetahui Jangkauan Wilayahnya

Kompas.com - 08/10/2023, 09:01 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Telkomsel memiliki jenis paket kuota lokal yang bisa digunakan pengguna pada wilayah-wilayah tertentu. Kuota lokal sendiri memiliki jangkauan yang berbeda-beda.

Umumnya jenis kuota lokal bisa diaktifkan oleh berbagai pengguna melalui kode UMB, website, dan aplikasi MyTelkomsel.

Kuota lokal biasanya bisa dinikmati di kota aktivasi paket, namun detail penggunaan kuota lokal bisa dilihat pada ketentuan yang berlaku di paket yang dibeli pelanggan. Lantas apa yang dimaksud dengan kuota lokal Telkomsel? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Apa itu Kuota Multimedia Telkomsel, dan Cara Aktivasinya

Pengertian kuota lokal Telkomsel

Dilansir dari laman Telkomsel, kuota lokal Telkomsel merupakan kuota internet yang dapat digunakan di wilayah terbatas, misalnya wilayah pelanggan mengaktifkan kuota dan/atau wilayah-wilayah sekitarnya namun jangkauan wilayahnya tidak sampai nasional.

Kuota lokal memiliki jangkauan yang berbeda-beda ditentukan oleh beberapa hal, yaitu kota di mana pelanggan melakukan aktivasi kuota dan jenis paket internet yang diaktivasi.

Adapun jika pelanggan berada di wilayah perbatasan kota, kuota yang digunakan tidak dapat dipastikan secara akurat karena tergantung dengan jaringan yang melayani faktor-faktor lain yang tidak dapat dikendalikan, seperti cuaca, demografi struktur tanah, kepadatan populasi, dan sebagainya.

Cara menikmati kuota lokal Telkomsel

Kuota lokal umumnya tidak berdiri sendiri namun tergabung dalam salah satu benefit dengan beberapa jenis kuota lain pada paket data Telkomsel.

Selain itu menggunakan kuota lokal tidak memerlukan pengaturan apa pun. Pelanggan bisa langsung memanfaatkan setelah berhasil mengaktifkan paket data yang menawarkan benefit kuota lokal di dalamnya.

Kuota lokal bisa digunakan untuk akses internet tanpa terbatas pada aplikasi tertentu. Pelanggan bisa meenggunakan kuota lokal untuk browsing internet, video streaming, bermain game, mengirimkan pesan lewat aplikasi, dan lainnya.

Salah satu yang membedakan adalah pengguna harus mengakses internet lokal dalam jangkauan wilayah kuota lokal.

Cara mengetahui jangkauan wilayah kuota lokal

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui jangkauan wilayah kuota lokal. Berikut ini caranya:

Via website

  • Anda dapat menuju tautan berikut ini
  • Pilih paket yang diinginkan. Misalnya InternetMAX atau UnlimitedMAX
  • Selanjutnya pilih paket, lokasi, dan klik "Info Selengkapnya"
  • Selanjutnya temukan informasi mengenai kuota lokal di bagian Syarat dan Ketentuan

Via UMB

  • Ketik kode UMB di menu dial ponsel Anda. Misalnya *363#
  • Pilih paket internet yang Anda inginkan
  • Selanjutnya tungg
  • Setelah membeli paket atau saat mengecek status kuota, Anda akan menerima notifikasi yang berisi link untuk mengecek kuota lokal

Via aplikasi MyTelkomsel

  • Login ke aplikasi MyTelkomsel
  • Pada halaman detail paket, Anda akan menemukan detail kuota lokal pada bagian info atau tab Syarat & Ketentuan.
  • Setelah membeli paket atau saat mengecek status kuota, Anda akan menerima notifikasi yang berisi link untuk mengecek kuota lokal
  • Pada dashboard MyTelkomsel, klik kuota internet untuk melihat detail kuota. Jika Anda memiliki kuota kokal, klik untuk melihat daftar kota di mana kuota lokal dapat digunakan

Baca juga: Apa itu Kuota Multimedia Telkomsel, dan Cara Aktivasinya

Demikian uraian mengenai pengertian kuota lokasl dan cara mengetahui jangkauan wilayahnya. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menuju laman resmi Telkomsel berikut ini. Semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com