Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Baterai, PC Desktop HP Bisa Ditenteng seperti Koper

Kompas.com - 08/10/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komputer (PC) desktop biasanya mengandalkan daya dari power supply unit (PSU) dan input dari colokan listrik. Namun, PC desktop satu ini bisa menyala tanpa daya listrik langsung, lantaran memiliki baterai seperti laptop.

Ialah Envy Move PC, sebuah produk komputer desktop All-in-One (AiO) portabel terbaru dari produsen PC Hewlett-Packard (HP). HP Envy Move PC bisa ditenteng layaknya koper, dan dipakai di mana pun, mengandalkan baterai 6-cell kapasitas 83 Wh. 

Dengan baterai sebesar itu, HP Envy Move PC bisa  mengeklaim pengguna bisa memakai Envy Move PC selama empat jam dalam pemakaian normal. 

Ketika baterai PC ini habis, pengguna bisa menggunakan adapter power berdaya 90 watt yang sudah disediakan dalam kotak penjuaan. Adapter ini diklaim bisa mengisi daya Envy Move PC 0-50 persen dalam waktu sekitar 45 menit.

Baca juga: LG Bikin StanbyMe Go, Tablet 26 Inci Menyatu dengan Koper

Dengan kehadiran baterai, Envy Move PC bisa dibilang memiliki fungsi menyerupai laptop. Namun, perangkat ini memang bukan laptop, karena memiliki desain seperti PC desktop pada umumnya.

Ilustrasi HP Envy Move PC.Trusted Reviews Ilustrasi HP Envy Move PC.

HP Envy Move PC dibekali dengan layar IPS 23,8 inci yang memiliki resolusi QHD (2.560 x 1.440 piksel). Pada bagian bingkai atas layar, terdapat pegangan atau handle yang mempermudah pengguna membawa PC desktop ini bepergian. 

Untuk mengetik dan mengoperasikan komputer, HP menyediakan papan ketik (keyboard) eksternal yang sudah disertai dengan touchpad. Keyboard ini bisa disimpan di kompartemen bagian belakang PC untuk kemudahan pengguna. 

Beralih ke aspek performa, HP Envy Move PC ditenagai dengan prosesor (CPU) Intel Core Generasi ke-13 dengan model hingga Intel Core i5, RAM LDPDD5 dengan kapasitas hingga 16 GB, serta media penyimpanan dengan kapasitas hingga 1 TB. 

Baca juga: Pria Jepang Bikin PS4 Portabel dalam Tas Koper

Karena merupakan PC AiO, semua komponen hardware Envy Move PC, termasuk CPU dan RAM, digabung dalam satu rumahan dengan layar

Fitur pendukung lain yang ada di PC desktop ini mencakup HP Wide Vision Camera 5 MP, Privacy Shutter, konektor USB-A dengan kecepatan 10 Gbps, USB-C berkecepatan 10 Gbps, HDMI, speaker surround, dan masih banyak lagi. 

Di pasar global, HP Envy Move PC dijual dengan harga 900 dollar AS (sekitar Rp 14 juta) dan sudah bisa dibeli di situs web HP.com mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrustedReviews, Minggu (8/10/2023). 

Belum ada informasi apakah komputer desktop portabel ini akan dijual di pasar Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com