Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tim E-sports yang Jadi Wakil Indonesia di Free Fire World Series 2023

Kompas.com - 09/10/2023, 15:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tiga tim e-sports asal Indonesia akan menjadi perwakilan di turnamen internasional Free Fire World Series (FFWS) 2023 yang akan digelar di Bangkok, Thailand pada 10 November - 26 November 2023. 

Ketiga tim tersebut adalah Thorrad, RRQ Kazu, dan Poco Star. Mereka berhasil mendapatkan tiket ke pertandingan e-sports bergengsi dunia FFWS 2023 berkat performa mereka di kompetisi lokal. 

Pada kompetisi tersebut, Thorrad, RRQ Kazu, dan Poco Star masing-masing berhasil menduduki posisi pertama, kedua, dan ketiga pada klasemen akhir FFML Season 8 dengan perolehan poin masing-masing 117, 93, dan 74 poin. 

Seperti diketahui, dua posisi teratas di kompetisi FFML Season 8 memang akan mendapatkan tiket langsung (golden ticket) ke FFWS 2023, yaitu Thorrad dan RRQ Kazu. Sementara Poco Star mendapat tiket tersebut setelah menjadi pemimpin klasemen akhir FFML Season 8 League Phase.

Nantinya, ketiga tim e-sports asal Indonesia ini akan berkompetisi dengan 15 tim profesional Free Fire lainnya (total peserta 18 tim) yang berasal dari beragam negara di dunia.

Beberapa di antaranya seperti Magic Squad, Loud, dan MIBR yang berasal dari Brasil, Furios Gaming yang berasal dari Argentina, WASK yang berasal dari Moroko, Expand yang berasal dari Malaysia, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Thorrad Juara Free Fire Master League Season 8

Adapun semua tim yang berpartisipasi di FFWS 2023 akan bertanding untuk mendapatkan porsi hadiah terbesar dari total hadiah mencapai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 15,6 miliar).

Sebelumnya, dalam kompetisi FFWS 2022 lalu hanya dua tim Indonesia saja yang mendapatkan slot ke kompetisi dunia tersebut, yaitu RRQ Kazu dan Saudara e-Sports. 

Dengan begitu, FFWS 2023 ini merupakan peningkatan bagi tim profesional Free Fire asal Indonesia, lantaran mendapatkan jatah tiga tim dari sebelumnya dua tim saja. Selain itu, ini juga merupakan turnamen kedua bagi RRQ Kazu, dan perdana bagi Thorrad dan Poco Star.

Daftar peserta belum final

Tim e-sports Thorrad menjadi juara Free Fire Master League Season 8, Minggu (8/10/2023). Dengan kemenangan ini Thorrad menjadi salah satu perwakilan Indonesia di Free Fire World Series (FFWS) 2023 di Bangkok, Thailand, November mendatang. YouTube/FFEsportsID Tim e-sports Thorrad menjadi juara Free Fire Master League Season 8, Minggu (8/10/2023). Dengan kemenangan ini Thorrad menjadi salah satu perwakilan Indonesia di Free Fire World Series (FFWS) 2023 di Bangkok, Thailand, November mendatang.
Selain tiga tim Indonesia dan beberapa tim yang berasal dari Brasil, Argentna, Moroko, dan Malaysia tadi, daftar tim yang akan mengikuti FFWS 2023 sendiri belum final, lantaran beberapa negara masih menjalani kompetisi lokal mereka. 

Namun yang jelas, FFWS 2023 nanti akan diawali dengan babak Knockout Stage yang akan digelar pada 10-19 November 2023 mendatang.

Nantinya, seluruh tim akan dibagi menjadi tiga grup (masing-masing grup enam tim) dan akan memiliki jatah pertandingan sebanyak enam pertandingan per hari.

Babak Knockout Stage akan digelar selama dua minggu, dan tiap minggunya pertandingan digelar selama tiga hari pada akhir minggu (Jumat - Minggu).

Baca juga: Kolaborasi Free Fire dan Demon Slayer, Beri Bundle Uzui Tengen Gratis

Pada akhir babak Knockout Stage, 12 tim teratas akan melaju ke babak Points Rush yang akan digelar pada 24-25 November 2023 dan Finals FFWS 2023 yang digelar pada 26 November 2023. 

Babak Points Rush akan digunakan untuk memperhitungkan perolehan poin terakhir, sedangkan babak Finals akan menentukan siapa juara FFWS untuk tahun ini. Tim yang bertanding di kedua babak ini akan memiliki jatah enam pertandingan sehari. 

Adapun untuk peta (map) di setiap pertandingan akan sama di setiap babak, yaitu Bermuda, Purgatory, Alpine, Kalahari, Nexterra, dan map yang diacak (random), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Senin (9/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com