Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game PS5 dan PS4 yang Dirilis Oktober 2023, Ada "Spider-Man 2" dan "Assassin's Creed Mirage"

Kompas.com - 07/10/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ign.com

KOMPAS.com - Oktober 2023 menjadi bulan yang menarik bagi gamer yang memiliki konsol PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4). Sebab, ada banyak game seru yang bisa dimainkan dalam waktu dekat.

Beberapa di antaranya diterbitkan oleh publisher game ternama, misalnya Sony Interactive Entertainment (SIE), Ubisoft, dan Cognosphere. Bicara soal genre, pemain bakal disuguhkan game aksi, stealth, horor, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan game ini dapat dimainkan secara eksklusif di konsol PS5. Akan tetapi, ada juga beberapa game yang dapat dijajal di PS4. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Assassin's Creed Mirage

Assassin's Creed MirageUbisoft Assassin's Creed Mirage
Game pertama dalam daftar ini adalah Assassin's Creed Mirage. Seperti namanya, game ini merupakan yang terbaru dari seri bergenre stealth yang ikonik, Assassin's Creed (AC).

Game ini mengambil waktu setelah kejadian di Assassin's Creed Origins, dan sebelum Assassin's Creed Valhalla. Meskipun demikian, gamer tidak diwajibkan untuk memainkan AC Origins, sebelum menikmati AC Mirage.

Di Assassin's Creed Mirage, pemain akan menjelajahi kota Baghdad dari perspektif seorang pencuri bernama Basim Ibn Ishaq. Ia terlibat dalam sebuah konspirasi, dan pada akhirnya bergabung dengan organisasi pembunuh elit (assassin) kuno bernama The Hidden Ones.

Dari segi gameplay, AC Mirage kembali mengutamakan mekanisme menyusup (stealth), berbeda dengan sejumlah judul Assassin's Creed sebelumnya yang mulai menitikberatkan fokus pada aksi.

Bila tertarik, Assassin's Creed Mirage diluncurkan pada 5 Oktober di PS5 dan PS4. Game ini dibanderol seharga Rp 739.000.

2. Roblox

Roblox GameTech Crunch Roblox Game
Game simulasi membangun dunia virtual, Roblox, akhirnya akan meluncur secara gratis di konsol PS5 dan PS4 pada 10 Oktober 2023. Game ini sudah tersedia di PC sejak 2006, dan Xbox One sejak 2015.

Awalnya, Sony memang tidak ingin Roblox hadir di konsol PlayStation. Alasannya, PlayStation dianggap banyak dimainkan oleh anak-anak. Sementara Roblox memperbolehkan pemainnya untuk membuat aneka konten di dalam game. Hal inilah yang dikhawatirkan akan berbahaya untuk anak.

Roblox merupakan game yang memungkinkan penggunanya untuk menciptakan permainannya sendiri, ala game Dreams. Permainan yang diciptakan kemudian bisa dibagikan, agar dapat dimainkan oleh pengguna lain.

Sebagai contoh, pemain bisa menikmati game shooter seperti Counter-Strike, atau bahkan bermain sepak bola layaknya EA Sports FC 24.

Nah, Roblox versi PS5 dan PS4 nantinya akan mendukung fitur cross-platform. Pemain bisa melanjutkan progres game Roblox mereka, yang sebelumnya dimainkan di smartphone atau PC, agar bisa kembali dimainkan di PS5 atau PS4.

Selain itu, berkat fitur cross-platform, pengguna juga bisa bermain bersama teman atau pengguna lainnya di platform dan konsol berbeda, mulai dari pemain di Windows PC, iOS, Android, Xbox One, hingga kacamata virtual reality (VR) Meta Quest secara online.

Di samping fitur cross-platform, Roblox Corporation selaku developer memastikan game ini tidak memiliki pemangkasan fitur di PS5 dan PS4.

Baca juga: 3 Game Gratis PS4 dan PS5 Oktober 2023, Ada The Callisto Protocol

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com