Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Bisa Dilihat di Pameran IGDX 2023 di Bali?

Kompas.com - 11/10/2023, 10:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2023 resmi dimulai hari ini, Rabu (11/10/2023).

Ajang tahunan yang digelar di Bali ini mempertemukan pengembang game lokal kelas independen (indie), penerbit (publisher) game, serta investor

Acara yang digelar di The Stones Hotel, Legian, Bali tersebut menggabungkan unsur pameran game dengan peluang bisnis, dengan menyediakan area pameran Showcase dan B2B Matchmaking.

Di area Showcase yang menempati dua ruangan, yaitu di Ballroom 1 dan Ballroom 3, para pengembang game independen (indie) asal Indonesia yang diundang memiliki booth (stan) masing-masing untuk memamerkan dan mendemonstrasikan game buatannya.

Baca juga: IGDX 2023 Digelar di Bali, Libatkan Lebih Banyak Developer dan Publisher Game

Area Showcase peserta IGDX 2023, yang terdiri atas pengembang game indie asal Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten. Area Showcase peserta IGDX 2023, yang terdiri atas pengembang game indie asal Indonesia.
Beberapa developer yang membuka stan di IGDX 2023 antara lain Algorocks, Clay Games, Glory Jam, Satriver Studio, Toge Productions, Mojiken, Gambir Studio, Niji Games, Mushroonallow, Khailabs, dan masih banyak lagi.

Jurnalis KompasTekno, Bill Clinten turut hadir di ajang IGDX 2023 dan menjajal beberapa game yang ada di area Showcase ini.

Dalam tiap booth game yang dijaga oleh para pengembangnya, kami dijelaskan mengenai sejarah pembuatan game, mekanisme bermain (gameplay) game tersebut, hingga alur cerita dari game itu sendiri.

Pengunjung menjajal game terbaru rilisan pengembang game di IGDX 2023 di Bali, Oktober 2023.KOMPAS.com/Bill Clinten. Pengunjung menjajal game terbaru rilisan pengembang game di IGDX 2023 di Bali, Oktober 2023.

Selain pengembang, area ini juga diisi dengan booth publisher seperti Nuon Games dan Tencent. Stan penerbit game sendiri menampilkan game-game yang baru mereka rilis.

Di samping area Showcase, hari pertama IGDX 2023 juga dilengkapi dengan area B2B Matchmaking yang ada di Ballroom 2 (total ruangan yang dipakai di IGDX 2023 ada 3 ruangan).

Baca juga: Cerita Pengembang Game Lokal yang Dibimbing Developer Asing di IGDX 2022

Salah satu developer game yang ikut serta pameran IGDX 2023 di Bali.KOMPAS.com/Bill Clinten. Salah satu developer game yang ikut serta pameran IGDX 2023 di Bali.
Di area ini, para developer, publisher, dan investor mengadakan pertemuan tatap muka untuk mendiskusikan bisnis dan kemungkinan kerja sama di masa mendatang.

Lantas, apa saja game menarik dan layak untuk dicoba pengguna yang dipamerkan di IGDX 2023? Nantikan artikel selanjutnya di Kompas.com!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com