Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2023, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VideoCardz

KOMPAS.com - Ketersediaan slot M.2 PCIe untuk memasang media penyimpanan SSD NVMe di motherboard PC relatif terbatas, paling banyak hanya dua atau tiga.

Nah, jika sudah dirilis nanti, produk yang satu ini mungkin bisa dijadikan alternatif untuk menambah storage berbasis SSD M.2 NVMe. Perangkat dimaksud adalah sebuah kartu grafis GeForce RTX 4060 ti dari Asus.

Baca juga: Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Ti 16 GB Dirilis, Ini Harganya

Keunikan kartu grafis bernama Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD itu adalah memiliki slot M.2 dan ruang khusus di bagian belakang, di dekat konektor daya, untuk memuat sebuah SSD NVMe.

Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD menggunakan PCB berdesain khusus. Cooler kartu grafis ikut mendinginkan SSDAsus Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD menggunakan PCB berdesain khusus. Cooler kartu grafis ikut mendinginkan SSD

Meskipun menggunakan slot PCIe x16, kartu-kartu grafis GeForce RTX 4060 Ti memang tidak memanfaatkan ke-16 lane PCIe yang tersedia, melainkan hanya delapan. Sisanya pun bisa dipakai untuk menjalankan SSD.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Videocardz, Selasa (10/10/2023), Asus sempat mendemonstrasikan kemampuan kartu grafis tersebut pada pertengahan 2023 dengan SSD Samsung 980 Pro 2TB.

Ketika itu kecepatannya mencapai 6,8 GBps untuk sequential read sehingga mendekati kecepatan SSD apabila dipasang di slot M.2 PCIe 4.0 x4 di motherboard.

Baca juga: GPU Nvidia GeForce RTX 4090 dan RTX 4080 Dilaporkan jadi Barang Langka di Jepang

Uniknya lagi, SSD yang terpasang di Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD sekaligus kontak dengan lempengan heatsink sehingga ikut didinginkan oleh cooler kartu grafis.

Dokumen EEC memperlihatkan nama Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD EEC Dokumen EEC memperlihatkan nama Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD

Namun, Asus agaknya harus mengubah spesifikasi kebutuhan daya kartu grafis agar bisa mengakomodir tambahan SSD, juga sistem pendinginannya supaya dapat meredam panas dari kedua komponen.

Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD belakangan sudah muncul dalam dokumen perizinan yang diajukan ke otoritas perdagangan Eurasian Economic Commission (EEC).

Dengan demikian, boleh produk tersebut akan segera hadir, meskipun area pemasarannya masih jadi pertanyaan. Sejauh ini, ditengarai baru Asus Rusia yang berminat memasarkan Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber VideoCardz
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com