Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kamera Depan Samsung Galaxy S23 FE Turun Jadi 10 MP

Kompas.com - 11/10/2023, 13:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) hadir sebagai suksesor dari Galaxy S21 FE keluaran 2022. Ponsel ini dijual perdana di Indonesia pada Jumat (13/10/2023) dengan harga mulai dari Rp 9 juta (8 GB/128 GB).

Salah satu perbedaan spesifikasi yang paling mencolok antara Samsung Galaxy S23 FE dan Samsung S21 FE adalah resolusi kamera depannya.

Kali ini, Samsung memilih menyertakan kamera selfie beresolusi 10 MP di Samsung S23 FE, turun dari resolusi kamera selfie Samsung Galaxy S21 FE yaitu 32 MP.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengungkapkan bahwa optimalisasi sensor dan ukuran piksel kamera menjadi alasan utama di balik turunnya resolusi di kamera depan Samsung S23 FE.

Menurut Verry, hasil foto yang bagus juga ditentukan oleh sensor kamera dan ukuran piksel size kamera, bukan semata karena resolusi kamera yang tinggi.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Dijual Perdana 13 Oktober di Indonesia, Ada Bundling Controller Game

Jadi, daripada mempertahankan kamera selfie 32 MP seperti di Galaxy S21 FE, Samsung memilih menyematkan sensor kamera baru dengan ukuran piksel yang lebih besar.

"Sekarang, kamera depan Samsung Galaxy S23 FE sudah menggunakan sensor warisan HP flagship foldable kami," kata Verry dalam acara "First Preview Galaxy S23 FE" di Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023).

Adapun sensor kamera depan warisan foladable yang kini dibenamkan di kamera selfie Samsung S23 FE adalah Sony IMX 374. Sensor kamera ini berukuran 1/3 inci dengan ukuran piksel sebesar 1,22µm (mikron).

Sebelumnya, Samsung Galaxy S21 FE memiliki kamera selfie 32 MP dengan sensor Sony IMX616. Sensor tersebut berukuran 1/2.8 inci dengan ukuran piksel 0,8 mikron.

"Jadi, dengan sensor baru dan ukuran piksel yang lebih besar, kamera depan Galaxy S23 FE akan jauh lebih improve dari aspek pengambilan cahaya dan resolusi warna," kata Verry.

Dengan ukuran piksel yang lebih besar, kamera depan Samsung Galaxy S23 FE juga semakin bisa menangkap lebih banyak cahaya, sehingga foto bisa lebih terang dan detail.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus di acara First Preview Galaxy S23 FE di Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023). KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus di acara First Preview Galaxy S23 FE di Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2023).
Di sisi lain, menurut Verry, kamera depan biasanya tidak butuh angka megapiksel yang semakin besar.

"Karena kalo selfie, jarak (kamera dan muka sebagai obyek) hanya menggunakan tangan. Ketika sensor sudah bagus dan ukuran piksel kameranya sudah optimal, harusnya hasil foto selfie-nya juga optimal. Jadi, tak usah khawatir," ungkap Verry.

Hal ini, kata Verry, berbeda dengan kamera utama di belakang. Kamera utama di belakang biasanya memiliki angka megapiksel semakin besar karena perlu mengambil foto jarak jauh.

Dengan angka megapiksel yang besar, ponsel biasanya akan menyertakan mode pemotretan "resolusi tinggi". Misalnya, Samsung Galaxy S23 Ultra yang dibekali kamera 200 MP memiliki mode pemotretan 200 MP.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com