Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Sony, Samsung Dikabarkan Bikin Sensor Kamera 1 Inci untuk Ponsel

Kompas.com - 07/10/2023, 19:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Di dunia sensor kamera ponsel, Sony lewat brand IMX dan Samsung yang memiliki merek Isocell adalah dua rajanya. Produk-produk sensor mereka banyak dipakai oleh aneka smartphone, termasuk di luar buatan Sony dan Samsung sendiri.

Meskipun begitu, keduanya mengadopsi strategi berbeda. Sony cenderung mengarah ke sensor dengan ukuran fisik yang besar, mencapai 1 inci. Sementara Samsung condong menggunakan resolusi setinggi mungkin hingga 200 megapiksel (MP).

Bocoran terbaru yang beredar mengungkap bahwa Samsung kemungkinan bakal mengikuti langkah Sony dengan mengembangkan sensor kamera ponsel berukuran 1 inci.

Baca juga: Sharp Aquos R7s Resmi di Indonesia, Sensor Kamera 1 Inci Harga Rp 16 Juta

Ukuran sensor ini banyak dipakai di kamera saku premium seperti seri RX 100 dari Sony. Kualitas gambarnya lebih tinggi dari sensor kamera ponsel pada umumnya karena image quality berbanding lurus dengan ukuran fisik sensor.

Sensor 1 inci dari Sony sudah digunakan di beberapa ponsel, seperti misalnya Xiaomi 13 Pro (Sony IMX989 50 MP). Sensor yang sama juga disematkan oleh Sharp di ponsel Aquos R7.

Bedanya dari Sony, calon sensor 1 inci dari Samsung kabarnya bakal memiliki resolusi super tinggi. Ada dua tipe sensor dengan ukuran ini yang diduga sedang dikembangkan oleh Samsung.

Pertama adalah Isocell HW1 dengan ukuran fisik 1/1.05 inci, ukuran piksel 0,56 mikrometer, dan resolusi 432 MP. Kedua, Isocell HW2, memiliki ukuran fisik sedikit lebih kecil, yakni 1/1.07 inci, dengan ukuran piksel 0,5 mikrometer dan resolusi 432 MP.

Bocoran di atas diperoleh dari pembocor Revegnus (@Tech_Reve) di Twitter, yang menuliskan spesifikasi Isocell HW1 dan HW2 dalam sebuah unggahan.

Sayangnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sammobile, Sabtu (7/10/2023), sang pembocor tak mengungkap ponsel Samsung mana yang bakal dibekali sensor kamera dengan ukuran fisik dan resolusi besar ini.

Baca juga: Sony Xperia 5 V Meluncur, Sensor Kamera Jadi Andalan

Karena baru sebatas rumor, belum dapat dipastikan apakah Samsung benar-benar mengembangkan kedua sensor tersebut. Demikian juga soal kemampuannya dalam merekam foto ataupun video.

Satu bocoran lain yang diungkap oleh @Tech_Reve adalah sensor kamera di calon ponsel lipat Samsung, Galaxy Z Fold 6, yang disebutnya tetap bertahan dengan Isocell GN3 seperti digunakan di dua ponsel seri Fold sebelumnya.

Namun, untuk Galaxy Z Fold 7, dia mengklaim Samsung bakal menggunakan sensor Isocell HP5 yang memiliki ukuran fisik 1/1,3 inci, ukuran piksel 0,5 mikrometer dan beresoluisi 200 MP.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com