Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon X untuk Komputer Windows

Kompas.com - 11/10/2023, 12:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Produk prosesor untuk PC dari Qualcomm mendapat nama baru, yakni Snapdragon X yang dimumkan pekan ini, beberapa minggu sebelum perkenalan resminya dalam Snapdragon Summit pada akhir Oktober mendatang.

Snapdragon X merupakan kelanjutan dari prosesor Snapdragon 8cx. Menurut Qualcomm, huruf "X" sengaja ditambahkan di namanya agar lebih mudah dibedakan dari produk chip Snapdragon untuk perangkat lain seperti smartphone.

Dalam pengumuman di situsnya, SVP and Chief Marketing Officer Don McGuire menerangkan bahwa Snapdragon X menggunakan core CPU Oryon dari Qualcomm.

Baca juga: Bocoran Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3, Tembus Angka 2 Juta

"Platform seri Snapdragon X dibangun dari pengalaman kami selama bertahun-tahun mengerjakan arsitektur heterogenous compute untuk central processing unit (CPU), graphics processing unit (GPU), dan NPU," ujar McGuire.

Teknologi Oryon didapat dari Nuvia yang diakuisisi oleh Qualcomm pada 2021. Nuvia merupakan startup yang didirikan oleh para engineer eks Apple yang sebelumnya mengerjakan chip seri A untuk iPhone dan iPad.

Snapdragon X sendiri merupakan prosesor ARM yang bakal bersaing dengan chip M-series dari Apple. Prosesor ARM bikinan Apple tersebut pertama kali digunakan di MacBook Air 2020 dan kini sudah banyak dipakai di berbagai produk komputer Mac lain dari Apple.

Sementara, seperti dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (11/10/2023), sejauh ini Qualcomm adalah satu-satunya pabrikan yang membuat prosesor ARM untuk perangkat berbasis Windows (versi ARM).

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon XR2 Gen 2 dan AR1 Gen 1 untuk Headset VR serta Kacamata Pintar

Pada 2021, ketika mengakuisi Nuvia, Qualcomm sempat mengklaim bahwa kinerja chip ARM (Oryon) bikinannya bakal "bersaing dengan (prosesor Apple) seri M".

Belakangan, pada September lalu, sempat beredar rumor bahwa core rancangan Nuvia tersebut kinerjanya lebih tinggi dibandingkan chip Apple M2.

Spesifikasi detil dari Snapdragon X kemungkinan akan diungkap dalam Snapdragon Summit pada 24-26 Oktober. Qualcomm bakal turut menyingkap logo dan badge baru untuk platform PC anyar tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com