Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Pencurian iPad di KA, Ini Hal yang Perlu Dilakukan Saat iPhone atau iPad Hilang

Kompas.com - Diperbarui 17/10/2023, 06:52 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, ramai soal pencurian iPad di KA. Untuk pembelajaran, terdapat beberapa tindakan yang perlu dilakukan saat iPad hilang.

Belakangan ini, viral unggahan pengguna yang menceritakan kasus pencurian iPad (tablet buatan Apple) saat sedang menaiki Kereta Api (KA) Tawang Jaya Premium relasi Semarang Tawang-Pasar Senen pada Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Jadwal Pre-order iPhone 15 Series, Penjualan Perdana, dan Harga Lengkapnya di Indonesia

Unggahan tersebut dibuat oleh akun dengan handle @goyaaeo di Twitter X yang merupakan milik korban bernama Alya (18). Dalam unggahan itu, Alya pun menceritakan permasalahan pencurian iPad di KA yang menimpanya.

Kronologi pencurian iPad di KA Tawang Jaya Premium

Selama perjalanan dari Stasiun Semarang Poncol, Jawa Tengah, Alya (18) duduk di kursi eksekuti 1 nomor 10A. Alya mengaku meletakkan perangkat iPad di dalam tasnya. Tas itu pun ditaruh di bawah kakinya.

Alya sempat tertidur selama perjalanan. Saat sudah terbangung, Alya lantas mengecek isi tas, tetapi iPad miliknya sudah tidak ada lagi. Dia pun menghubungi kondektur yang bertugas untuk mengecek CCTV.

Namun, kondektur mengatakan, CCTV hanya bisa diakses setelah KA sampai di tujuan akhir, yakni Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Setelah dia melapor, ternyata salah satu penumpang di kereta yang sama juga kehilangan satu unit laptop di dalam tasnya.

Alya dan korban lain pun kembali meminta kondektur untuk mengecek CCTV. Namun, CCTV itu belum juga dapat diakses. Saat tiba di tujuan, sekitar pukul 05.00 WIB, Alya segera menuju kantor dan membuat laporan, sekaligus telepon Contact Center KAI 121.

Setelah laporan dibuat, CCTV sayangnya masih belum bisa dibuka karena saat itu berada di luar jam kerja petugas IT. Saat jam kerja, sekitar pukul 10.24 WIB, pihak KAI menghubungi Alya untuk menanyakan detail kejadian agar dapat diperiksa dalam CCTV.

Petugas saat itu masih menjanjikan akan kembali menghubungi dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Sabtu petang, tepatnya pukul 18.36 WIB, Alya kembali menghubungi KAI untuk menanyakan kelanjutan dari proses pencarian.

Namun, setelah dihubungi kembali, belum ada jawaban memuaskan. Bahkan, hingga Minggu, Alya belum mendapatkan kabar terkait proses pencarian barangnya yang diduga dicuri, sebagaimana dilansir Kompas.com, Senin (16/10/2023).

Pada Minggu siang, secara terpisah, VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, kronologi pencurian diduga terjadi saat perjalanan KA Tawang Jaya Premium melewati Stasiun Cikarang, Jawa Barat.

Saat itu, petugas menerima laporan dari dua orang penumpang yang masing-masing kehilangan iPad dan laptop. Untuk memastikan laporan, KAI kemudian mengecek CCTV saat posisi KA sampai di di Jakarta.

Namun, menurutnya, karena membutuhkan waktu pengamatan lebih lanjut, pemantauan CCTV dilanjutkan ketika kereta api kembali berada di Semarang. Di saat itulah, petugas KAI mulai menemukan titik terang kasus pencurian tersebut.

Dari kamera CCTV, diperoleh rekaman yang memperlihatkan dua orang pelaku mengambil tas milik korban yang berada di bawah kursi penumpang. Tas itu lalu dibawa ke bordes. Kemudian, pelaku mengganti laptop dengan buku seukuran laptop dan mengelem resleting tas.

Setelah itu, pelaku mengembalikan tas ke tempat semula dan kembali duduk di kursinya. Sementara berdasarkan analisis, iPad milik penumpang juga diambil pelaku dengan jalan lewat bawah kursi.

Baca juga: iPhone atau Macbook Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com