Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Menarik MPL S12, dari Debut Manis Dewa United hingga Onic Esports "Three-peat"

Kompas.com - 16/10/2023, 14:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Kompetisi Mobile Legends Professional League Season 12 (MPL S12) berakhir pada Minggu (15/10/2023). Onic Esports menjadi juara MPL S12, diikuti oleh peringkat kedua (runner-up) Geek Fam ID, dan juara ketiga Bigetron Alpha.

Dalam turnamen ini, ada sejarah baru terukir dan sejarah lama terulang.

Banyak hal-hal yang tidak terduga terjadi, mulai dari comeback reverse sweep yang membuktikan ketangguhan mentalitas pemain, hingga tim papan atas yang tak memenuhi ekspektasi dan tumbang sebelum babak playoff.

Deretan kejutan ini membuat MPL S12 menjadi kompetisi yang patut untuk disaksikan. Lantas, seperti apa saja keseruan di MPL S12?

1. Debut manis Dewa United

Dewa United Esports resmi bergabung di MPL S12KOMPAS.com/Bill Clinten. Dewa United Esports resmi bergabung di MPL S12
MPL S12 menjadi tempat debut Dewa United Esports di kompetisi Mobile Legends skala nasional. Saat baru bergabung di MPL S12, David selaku CEO Dewa United berharap bisa membuat kejutan di MPL musim ke-12 ini.

Benar saja, Dewa United bisa mewujudkan harapan tersebut.

Pasalnya, tim yang digawangi Keyz dkk ini langsung lolos ke babak playoff MPL S12 pada percobaan yang pertama.

Hasil ini diperoleh setelah Dewa United meraih peringkat keenam di klasemen akhir babak liga (Regular Season) MPL S12, di atas Evos Legends, Alter Ego Esports, dan Aura Fire.

Dewa United Esports mengakhiri perjalanannya di babak playoff setelah dieliminasi oleh Geek Fam ID, dalam pertandingan (match) lima game terbaik (Best of 5/BO5), dengan skor akhir 3-1.

Sebagai perbandingan, Dewa United sebelumnya mengalahkan Geek sebanyak dua kali di babak liga.

Terlepas dari itu, debut manis ini tentunya mengejutkan para penggemar Mobile Legends di Tanah Air. Dewa United membuktikan bahwa mereka merupakan salah satu tim yang layak ditakuti, karena bisa menundukkan tim papan atas.

Baca juga: Fans Onic Esports, Datang ke Grand Final MPL S12 demi Nonton Langsung Aksi Kairi

2. Evos Legends gagal masuk playoff

Kegagalan Evos Legends untuk masuk playoff MPL S12 merupakan salah satu hasil yang mengejutkan di MPL S12. Sebab, Evos Legends merupakan juara kedua (runner-up) MPL Season 11 tahun lalu.

Performa Evos Legends di babak liga MPL S12 memang menurun. Juara M1 World Championship itu konsisten menempati papan tengah selama MPL S12. Pada akhirnya, tim dengan Branz Tazz dkk ini dieliminasi oleh Bigetron Alpha.

Evos Legends menduduki posisi ketujuh di babak liga MPL S12, sedangkan hanya enam tim teratas saja yang berhak lolos ke babak playoff.

Dengan hasil seperti ini, Evos mengulangi sejarah pada MPL S10, ketika mereka gagal melaju ke babak playoff karena takluk dari Bigetron Alpha dan RRQ Hoshi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com