Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rutinitas Bos Apple Setiap Hari, Dimulai dengan Bangun Subuh

Kompas.com - 17/10/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalankan sebuah perusahaan besar, apalagi sudah dikenal secara global, tentunya memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari memiliki jadwal harian yang sangat padat, waktu bersantai yang minim, harus menghadiri berbagai macam pertemuan, dan sebagainya.

Gambaran rutinitas di atas cukup serupa dengan kegiatan yang dijalani oleh CEO Apple, Tim Cook. Hanya saja, Cook menyiasatinya dengan bangun lebih pagi setiap hari.

Melansir dari Enterpreneur, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (17/10/2023), bos Apple itu mempunyai kebiasaan bangun di waktu subuh atau sekitar pukul 03.45 pagi.

Walau kehidupan pribadi dan keseharian Cook sangat tertutup dan jarang diketahui banyak orang, ia mau sedikit terbuka terkait rutinitas hariannya. Dalam sebuah unggahan di akun X Twitter pribadinya, Cook pernah menyebut bahwa hari itu ia tidur lebih lama dari biasanya.

Baca juga: CEO Apple Tim Cook Bertambah Kaya Rp 650 Miliar

“Mendapatkan waktu istirahat ekstra untuk acara hari ini. Tidur hingga (pukul) 04.30,” tulis Cook di akunnya dengan handles @tim_cook pada 9 Maret 2015 lalu.

Menurut Cook, dengan membiasakan diri bangun lebih pagi, ia punya kebebasan untuk menentukan kegiatan dan hal apa saja yang ingin dilakukan. Sebab, memasuki jam siang hingga sore, jadwal Cook dipadati dengan berbagai macam kegiatan.

“Saya bisa mengatur pagi hari dengan lebih baik, ketimbang siang hari atau sepanjang hari. Hal-hal yang terjadi sepanjang hari kerap membuat Anda “keluar dari jalur” (tidak terkontrol sesuai jadwal),” jelas Cook dalam sebuah wawancara bersama The Australian Financial Review pada 2021.

“Pagi hari adalah milikmu. Atau bisa saya katakan, dini hari adalah milikmu,” tambah Cook.

Setelah bangun subuh, Cook mempersiapkan diri untuk membaca pesan yang masuk ke e-mail-nya. Ia mengeklaim, e-mail yang ia terima dalam sehari sekitar 700 hingga 800 pesan.

Namun, ia mengaku tidak dapat membaca seluruh pesan. Hanya beberapa bagian yang dibaca dan dibalas. Dari ratusan e-mail yang diterima, terdapat juga beberapa feedback (saran/masukan) dari para konsumen produk Apple.

“Saya tidak dapat membaca semua (pesan), tidak. Namun, saya membaca (pesan) dalam jumlah yang luar biasa banyak. Ini yang membuat saya selalu ingin tahu apa saja yang dirasakan, dipikirkan, dan dilakukan oleh konsumen,” jelas Cook.

Di tengah kebiasaannya yang suka bangun subuh, ternyata hal tersebut juga dirasakan oleh para karyawannya. Dalam sebuah laporan berbeda, salah seorang pekerja ada yang menceritakan pengalamannya menerima kiriman e-mail dini hari dari Cook.

“Tim bangun sangat pagi dan (tampaknya) sangat mengharapkan Anda untuk membalas pesan, sebelum matahari terbit,” ujar salah seorang pekerjanya kepada Insider pada 2014 lalu.

Jika sudah selesai membalas dan membaca pesan, Cook melanjutkan aktivitasnya dengan lari pagi di salah satu pusat kebugaran. Menurut laporan The Wall Street Journal pada 2014, Cook tidak memilih fasilitas gym yang ada di kampus Apple.

Bos Apple itu lebih memilih lari pagi atau berolahraga di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh karyawannya. Cook tidak menjelaskan alasannya. Bisa jadi, Cook ingin punya waktu sendiri sebelum akhirnya bekerja bertemu para karyawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com