Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat ChatGPT dalam Kehidupan Sehari-hari dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 17/10/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui manfaat ChatGPT, terutama mereka yang sedang ingin belajar mengoperasikannya. Pengguna yang terbiasa mengoperasikan ChatGPT mungkin sudah merasakan manfaatnya.

Akan tetapi, pengguna yang belum terbiasa dan baru ingin belajar bisa jadi belum mengetahui manfaat ChatGPT. Sejak dirilis pada sekitar akhir tahun lalu, ChatGPT dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Cara Menggunakan ChatGPT Bahasa Indonesia dengan Mudah

Ada berbagai macam aktivitas atau pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dibantu penyelesaiannya dengan ChatGPT. Lantaran bisa membantu pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari, pengguna perlu mengetahui manfaat ChatGPT.

Jika baru belajar dan belum mengetahui manfaat dari pengoperasian ChatGPT, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap manfaat ChatGPT. Untuk lebih lengkapnya, simak terus penjelasan di bawah ini mengenai manfaat ChatGPT.

Apa itu ChatGPT?

Sebelum mengetahui manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, pengguna yang hendak belajar mengoperasikan ChatGPT, kiranya perlu mengetahui dulu soal apa itu ChatGPT. Adapun pengertian ChatGPT adalah sebagai berikut.

ChatGPT adalah program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model (model bahasa) terlatih yang punya kemampuan untuk menanggapi berbagai pertanyaan atau perintah pengguna secara natural dan relevan. Program ini dibuat oleh OpenAI.

Untuk diketahui, Language Model pada ChatGPT sejatinya merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi itu menjadi respons atau output dari perintah teks yang diinput pengguna.

Untuk bisa menyajikan output, ChatGPT yang berbasis Language Model telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar (dataset). Ketika pengguna memasukkan perintah, ChatGPT bakal mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari.

Kemudian, ChatGPT akan menyajikan prediksi, tanggapan, atau jawaban sesuai perintah yang dimasukkan pengguna. Misalnya, pengguna memasukkan teks “Saya ingin makan”, lalu Language Model bisa melengkapinya berdasar perintah jadi “Saya ingin makan tahu”.

Itu hanya sekadar contoh. Tanggapan ChatGPT bisa lebih kompleks. ChatGPT dapat menjawab atau menanggapi beraneka macam perintah dan pertanyaan pengguna. ChatGPT didesain untuk bisa menghasilkan tanggapan dengan bahasa yang natural.

Jadi, pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT layaknya sedang mengobrol dengan sesama manusia, yang bahasanya tidak kaku seperti robot. ChatGPT tidak hanya dilatih dengan sekumpulan data, tetapi juga pelatih AI manusia.

Pelatih AI manusia itu memberikan masukan pada ChatGPT dalam menyajikan tanggapan. Adanya masukkan dari manusia sungguhan itu membuat ChatGPT bisa menghasilkan respons yang natural ketika berinteraksi dengan pengguna.

Itulah pengertian tentang apa itu ChatGPT. Sebagai chatbot AI berbasis Language Model yang terlatih, lantas apa yang dapat dilakukan oleh ChatGPT? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai kegunaan atau manfaat ChatGPT.

Manfaat ChatGPT 

ChatGPT memiliki banyak manfaat untuk membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak tugas yang bisa dibantu oleh ChatGPT. Namun, tugas-tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT itu secara umum hanya berkaitan dengan teks.

Beberapa manfaat ChatGPT dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan teks antara lain, seperti menyusun teks, menerjemahkan teks, menjawab berbagai pertanyaan dalam format teks, dan mengoreksi teks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com