Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan ChatGPT Bahasa Indonesia dengan Mudah

Kompas.com - 10/09/2023, 16:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Language Model GPT (Generative Pre-training Transformer) buatan OpenAI. Program ini punya kemampuan utama untuk menjawab berbagai perintah atau pertanyaan pengguna.

ChatGPT sekarang tampaknya menjadi program yang perlu dikuasai. Sebab dengan kemampuan ChatGPT, beberapa pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan teks.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via ChatGPT, Mudah Tinggal Masukkan Perintah

Misalnya, ChatGPT dapat diminta untuk menyusun artikel, surat, dan dokumen lainnya. Kemudian, ChatGPT juga dapat membantu melakukan parafrase dan penerjemahan teks. Ada banyak pekerjaan pengolahan teks yang bisa diselesaikan ChatGPT dengan cepat.

Lantaran kemampuannya dalam membantu menyelesaikan pekerjaan itulah pengguna perlu menguasai ChatGPT. Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah cara menggunakan ChatGPT.

Cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia

ChatGPT dirilis pertama kali secara publik pada sekitar akhir tahun lalu. Sebagai Language Model, ChatGPT telah dilatih dengan sekumpulan data berjumlah besar (dataset) dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Jadi, ChatGPT tidak hanya mampu memahami instruksi, perintah, atau pertanyaan dalam bahasa Inggris. ChatGPT juga mampu memahami perintah pengguna dalam bahasa Indonesia. Cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia itu sama seperti bahasa lainnya.

Pengguna tinggal memasukkan pertanyaan atau perintah ke ChatGPT dalam bahasa Indonesia. Kemudian, ChatGPT bakal menjawabnya dalam bahasa Indonesia pula. Adapun cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

Cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di laptop

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com via browser di laptop dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk mengolah teks sesuai keinginan dalam bahasa Indonesia.
  • Kirim prompt bahasa Indonesia tersebut dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan tanggapan sesuai perintah.
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain tanggapan itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di laptop.
KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di laptop.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di HP Android dan iPhone

ChatGPT sekarang tidak hanya tersedia dalam versi website, tetapi juga aplikasi HP. Jadi, pengguna bisa langsung mengakses layanan ChatGPT dengan memakai aplikasi ChatGPT di HP. Aplikasi ChatGPT kini telah tersedia untuk HP Android dan iPhone.

Untuk menggunakan ChatGPT bahasa Indonesai di HP Android dan iPhone, penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi ChatGPT di HP Android atau iPhone melalui masing-masing toko aplikasi, Google Play Store dan App Store.
  • Setelah terunduh dan terinstal di HP, silakan buka dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Jika sudah berhasil masuk, pada ruang obrolan, masukkan pertanyaan atau perintah dalam bahasa Indonesia ke ChatGPT bebas sesuai keinginan.
  • Setelah itu, ChatGPT bakal menyajikan tanggapan dalam bahasa Indonesia juga sesuai dengan pertanyaan atau perintah tersebut.
  • Pengguna bisa mengakses riwayat obrolan yang pernah dibuat pada ChatGPT dengan mengetuk ikon titik tiga dan klik opsi “History”.
  • Lewat opsi tersebut, pengguna bisa melanjutkan kembali percakapan yang telah dibuat sebelumnya dengan ChatGPT.

Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di HP.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia di HP.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan ChatGPT bahasa Indonesia, baik melalui laptop maupun HP, cukup mudah bukan? Dengan cara di atas, pengguna bisa lebih cepat menyelesaikan pengolahan teks berbahasa Indonesia.

Pengguna bisa membuat surat, artikel, esai, atau tulisan dalam bahasa Indonesia dengan lebih mudah melalui ChatGPT. Sementara itu, perlu diketahui, meski bisa memudahkan pekerjaan, ChatGPT sejatinya punya keterbatasan.

Penting untuk dicatat, tanggapan atau jawaban dari ChatGPT pada dasarnya tidak selalu tepat. ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan jawaban yang tidak akurat. Dengan adanya pontensi itu, ChatGPT sebaiknya digunakan secara bijak.

Informasi yang disampaikan ChatGPT hendaknya tidak langsung dipakai. Pengguna bisa memverifikasi kembali secara mandiri informasi yang disampaikan ChatGPT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com