Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab dan Cara Mengatasi TWS yang Tidak Terhubung ke Smartphone

Kompas.com - 17/10/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - True Wireless Stereo (TWS) merupakan earbuds nirkabel yang memungkinkan pengguna mendengarkan audio lebih praktis dan nyaman. Earbuds biasanya terhubung dengan layanan Bluetooth pada perangkat smartphone atau laptop.

Namun tak jarang terdapat beberapa masalah yang dihadapi pengguna. Salah satunya smartphone yang tidak terhubung ke perangkat TWS.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa di antaranya, seperti daya baterai TWS yang memang habis, atau perangkat TWS yang tidak kompatibel dengan smartphone.

Lantas bagaimana caranya? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Cek Persentase Baterai TWS Galaxy Buds

Cek apakah TWS memiliki daya penuh

Salah satu penyebab TWS tidak terhubung dengan smartphone atau perangkat elektronik lainnya, bisa jadi karena baterai TWS lemah atau habis. Cek indikator baterai TWS pada casing-nya.

Apabila baterai melemah, bisa jadi ini faktor yang membuat sinyal Bluetooth TWS tidak menangkap dengan baik perangkat Bluetooth dari smartphone. Isi ulang daya menggunakan kabel cas sesuai yang Anda miliki.

Kompatibel perangkat

Salah satu penyebab TWS tidak terhubung ke smartphone dikarenakan perangkat tidak kompatibel dengan TWS.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memeriksa kompatibilitas earbud dengan perangkat Anda:

Jenis koneksi

TWS dapat terhubung ke perangkat melalui Bluetooth, USB, atau jack audio 3,5mm. Pastikan TWS yang Anda beli kompatibel dengan jenis koneksi yang dimiliki perangkat Anda.

Versi Bluetooth

Jika earbud Anda menggunakan Bluetooth, pastikan versi Bluetooth-nya kompatibel dengan perangkat Anda. Perangkat yang lebih lama mungkin tidak kompatibel dengan versi Bluetooth yang lebih baru.

Format audio

Beberapa TWS hanya mendukung format audio tertentu. Pastikan TWS yang Anda beli mendukung format audio yang digunakan perangkat Anda.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memeriksa kompatibilitas TWS dengan perangkat Anda dengan melihat spesifikasi earbuds atau perangkat Anda. Anda juga dapat mencari informasi kompatibilitas di situs web produsen earbud atau perangkat Anda.

Cek jangkauan smartphone Anda

Cek jangkauan ponsel Anda. Bisa jadi TWS tidak terhubung dikarenakan jangkauan smartphone dan TWS terlalu jauh. Untuk mengatasinya maka dekatkan jarak smartphone dan TWS Anda untuk kembali terhubung dengan baik.

Putuskan TWS dari perangkat lain

Tak jarang koneksi TWS yang pernah terhubung dengan perangkat lain berdampak pada sambungan TWS yang sedang Anda hubungkan saat ini. Untuk memfokuskan jaringan Bluetooth TWS saat ini maka Anda bisa memutuskan koneksi TWS di device lain.

Restart TWS

Restart TWS adalah proses mematikan dan menghidupkan kembali TWS. Proses ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah umum dengan TWS, seperti TWS tidak terhubung ke perangkat.

Untuk restart TWS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan TWS. Anda dapat melakukan ini dengan menekan dan menahan tombol daya di kedua earbud selama beberapa detik.
  • Hidupkan kembali TWS. Anda dapat melakukan ini dengan menekan dan menahan tombol daya di kedua earbud selama beberapa detik.

Baca juga: Cara Menghubungkan TWS ke Laptop Windows 10

Demikian uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi TWS yang tidak bisa terhubung dengan smartphone. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com