Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Masuk Indonesia November, Bisa Jadi Desktop dan Tablet

Kompas.com - 18/10/2023, 13:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SYDNEY, KOMPAS.com - Hewlett-Packard alias HP memastikan bahwa laptop HP Spectre Fold dipasarkan secara global, termasuk di Indonesia bulan depan.

Perangkat ini menjadi laptop lipat pertama HP di dunia. Sebelumnya, HP Spectre Fold ini hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan Inggris pada September lalu.

Vice President & Head, Personal Systems Category for Greater Asia, HP Inc., Koh Kong Meng mengatakan bahwa laptop HP Spectre Fold akan tersedia di Indonesia pada 30 November 2023.

Selain mengungkap ketersediaannya, HP turut memamerkan laptop lipat terbarunya ini dalam rangkaian acara HP X SXSW Sydney 2023, International Convention & Exhibition Centre (ICC Sydney) di Darling Harbour, di Sydney, Australia, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: SXSW 2023 Digelar Pertama Kali di Sydney, Ada 700 Pembicara dan 1.000 Experience

"PC menjadi barang paling penting dalam dunia kerja. Dengan era kerja hybrid, konsumen menginginkan perangkat dengan lebih banyak fleksibilitas yang bisa dibawa saat berpergian. Makanya, kami berinovasi meluncurkan HP Spectre Fold," kata Koh Kong Meng.

Bisa jadi PC desktop, laptop, dan tablet

HP Spectre Fold memiliki layar fleksibel 17 inci yang bisa dilipat menjadi laptop biasa, PC desktop, dan tablet. Laptop ini bakal dijual di Indonesia akhir November 2023 seharga Rp 75 juta.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto HP Spectre Fold memiliki layar fleksibel 17 inci yang bisa dilipat menjadi laptop biasa, PC desktop, dan tablet. Laptop ini bakal dijual di Indonesia akhir November 2023 seharga Rp 75 juta.
Seperti namanya, laptop ini memiliki layar yang fleksibel dan bisa dilipat, dan berfungsi layaknya tiga perangkat berbeda (3-in-1), yakni PC desktop, laptop, sekaligus tablet.

Layar sentuh OLED laptop Spectre Fold ini berukuran besar, yakni 17 inci dengan resolusi 2.560 x 1.920 piksel. Layar tersebut dan bisa dilipat di bagian tengah, seperti melipat buku.

HP Spectre Foldable PC ini dilengkapi dengan keyboard magnetik dan stylus (pena digital) magnetik dalam kotak pembelian.

Baca juga: LG Gram Fold Resmi, Laptop 17 Inci dengan Layar Lipat

Untuk mode PC Desktop, pengguna bisa membentangkan seluruh layar laptop secara horizontal, kemudian menegakkan layar dengan penyanggah alias kickstand yang juga disediakan di belakang bodi laptop, agar berdiri di atas meja.

HP Spectre Fold juga bisa digunakan seperti laptop, tapi dengan beberapa keistimewaan. Pertama, ketika layar ditekuk, pengguna bisa mendapatkan dua layar sentuh, yakni 12,3 inci di bagian atas dan 12,3 inci di bagian bawah. Dalam mode ini, aplikasi bisa dibuka secara leluasa di seluruh layar.

Selanjutnya, HP Spectre Fold bisa disulap menjadi laptop "biasa". Caranya pengguna tinggal menaruh keyboard di atas layar sisi bawah. Nanti, keyboard akan langsung menempel  olehmagnet. Orientasi laptop akan berubah menjadi aspek rasio 3:2.

HP Spectre Fold dalam mode laptop extended (kiri( dan tablet (kanan).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto HP Spectre Fold dalam mode laptop extended (kiri( dan tablet (kanan).
Uniknya lagi, masih dalam mode laptop biasa, pengguna bisa menarik keyboard ke arah lebih bawah, keyboard bisa digeser lebih jauh ke bawah.

Dengan begitu, keyboard hanya menutupi seperempat layar untuk memberikan ruang lebih lega, yakni 14 inci.

Sementara bagian trackpad akan sedikit melengkung ke bawah untuk memberikan elevasi dan dukungan pada pergelangan tangan. Mode ini disebut expanded mode.

Meski ada tambahan layar di bagian bawah, penampakan jendela aplikasi dalam mode layar penuh (full screen) tidak akan melar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com