Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Broadcast Channel Kini Hadir di Facebook dan Messenger

Kompas.com - 19/10/2023, 10:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber About FB

KOMPAS.com - Setelah hadir di Instagram, fitur Broadcast Channel kini dibawa Meta ke platform Facebook dan Messenger. Hal ini disampaikan Meta dalam sebuah pengumuman yang diunggah di blog resmi mereka. 

Sama seperti di Instagram, Broadcast Channel di Facebook dan Messenger berfungsi untuk mengirimkan pesan satu arah kepada para pengguna Facebook atau Messenger lain secara massal.

Menurut Meta, Broadcast Channel tak hanya bisa digunakan untuk berbagi pesan kepada banyak pengguna saja, melainkan juga bisa membagikan gambar, video, jajak pendapat (polling), reactions, voice note, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Broadcast Channel Instagram untuk Kreator Konten

Ilustrasi fitur Broadcast Channel di Facebook dan Messenger.Meta Ilustrasi fitur Broadcast Channel di Facebook dan Messenger.

"Broadcast Channel bisa dipakai untuk mempererat hubungan antara admin, artis, kreator konten, dan lain sebagainya dengan para penggemar serta komunitasnya.

Dengan begitu, penggemar bisa mendapatkan berita terbaru dari orang yang mereka idolakan,"  tulis Meta. 

Untuk cara kerja Broadcast Channel, nantinya pengguna Facebook atau Messenger lain, yang menyukai atau mengikuti sebuah Facebook Page, akan diberi tahu apabila sang pengelola alias admin mengirimkan pesan via fitur ini untuk pertama kalinya.

Baca juga: Instagram Punya Fitur Channel, Kreator Bisa Kirim Pesan Broadcast ke Followers

Apabila pengguna sudah bergabung dengan suatu Broadcast Channel, maka mereka akan mendapatkan notifikasi rutin ketika admin dari suatu Facebook Page mengirimkan informasi atau pesan.

Adapun pengguna yang bisa memanfaatkan atau mengirimkan pesan via fitur Broadcast Channel adalah mereka yang mengelola suatu akun basis penggemar alias Facebook Page.

Ilustrasi fitur Broadcast Channel di Facebook dan Messenger.Meta Ilustrasi fitur Broadcast Channel di Facebook dan Messenger.

Sementara itu, penggemar yang mengikuti Facebook Page tersebut hanya bisa membaca dan memberikan reactions, atau memberikan vote dalam sebuah polling yang dikirimkan di Broadcast Channel. 

Untuk kenyamanan pengguna, Meta juga menyematkan fitur Mute guna meredam semua notifikasi atau pesan masuk yang dikirimkan ke Broadcast Channel.

Saat ini, Meta menyebut fitur Broadcast Channel tengah diuji coba kepada seluruh pengguna atau admin Facebook Page dan akan digelontorkan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AboutFB, Kamis (19/10/2023).

Tidak disebutkan apakah pengguna Indonesia bisa menjajal fitur Broadcast Channel atau tidak. Namun yang jelas, pengguna yang tidak kebagian Broadcast Channel bisa mendaftarkan diri ke program uji coba awal (early access) fitur tersebut melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com