Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan, Tak Cuma "Overheat" dan Layar "Burn-in"

Kompas.com - Diperbarui 20/10/2023, 09:28 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 15 series sudah dijual di beberapa negara, tak lama setelah dirilis secara global awal September lalu. Setelah tiba di tangan pengguna, sejumlah keluhan pun berdatangan. Bahkan, masalah di iPhone 15 muncul sejak kotak kemasan perangkat dibuka.

Masalah-masalah ini tampaknya muncul di model iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, maupun model tertinggi, iPhone 15 Pro Max. Masalah awal iPhone 15 yang paling banyak dikeluhkan adalah soal desainnya. Sejumlah pengguna melaporkan warna penampang iPhone 15 Pro yang berbahan titanium tidak merata.

Keluhan itu ditemukan setelah ponsel dibuka dari kotak kemasannya. Artinya, perangkat itu cacat desain dari pabrik.

Masalah iPhone 15 lainnya yang ditemukan pengguna yaitu panas berlebih alias overheat. Masalah ini ditemukan dalam kondisi yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya terjadi saat pengguna sedang melakukan panggilan telepon, ada pula yang mengalami saat perangkat sedang diisi daya.

Baca juga: Pre-order iPhone 15 di Indonesia Dibayangi Sejumlah Masalah

Masih ada beberapa masalah lain di iPhone 15 series. Beberapa di antaranya sudah diperbaiki Apple lewat pembaruan software, meski masih ada sejumlah keluhan lain yang dialami pengguna. Berikut rangkuman beberapa masalah yang dilaporkan pengguna.

1. Overheat

Sejak iPhone 15 series diterima dan bisa dibeli langsung dari Apple Store pada 22 September, sejumlah pengguna iPhone 15 khususnya model Pro, mengeluhkan bodi ponsel yang panas berlebih alias overheat. Kondisi itu terjadi ketika pengguna memainkan game mobile secara intens.

Menurut pengguna lainnya, suhu iPhone 15 juga panas berlebih ketika ponsel dipakai untuk memutar video berkualitas 4K secara intens. Kedua aktivitas itu memang terbilang berat ketika dijalankan di ponsel.

Ada pula laporan dari pengguna iPhone 15 yang menyebutkan bahwa suhu ponsel tinggi sehingga terasa panas dan tidak nyaman ketika dipakai untuk bertelepon.

Bahkan, ada pula pengguna yang melaporkan bahwa iPhone 15 panas ketika baterainya sedang diisi ulang, seperti disampaikan oleh pengguna bernama Ian Zelbo di X (dulu Twitter).

Outlet media Android Authority juga menguji bagaimana suhu iPhone 15 Pro dibandingkan dengan Samsung Galaxy S23 Ultra dan Pixel 7 Pro. Hasilnya, iPhone 15 Pro memang menghasilkan suhu yang lebih tinggi dibanding dua flagship Android dalam pengujian itu.

Awalnya, material titanium pada iPhone 15 Pro diduga menjadi penyebab. Namun, menurut Apple, overheat di iPhone 15 Pro disebabkan oleh adanya bug, bukan masalah material titanium.

Awal Oktober akhirnya Apple mengakui adanya masalah iPhone 15 yang panas berlebih. Perusahaan kemudian menggulirkan pembaruan iOS 17.0.3 untuk meredam panas iPhone 15 Pro.

Baca juga: Para Pemakai iPhone 15 Pro Max Ngeluh Overheat, Sarankan Pakai Casing

2. iOS lambat

Sejumlah pengguna mengeluhkan iPhone 15 lemot saat dioperasikan. Salah satunya pengguna dengan handle @ChrisPirillo yang membagikan pengalamannya di X Twitter.

Pirillo juga mengunggah video yang menunjukkan pengalaman navigasi iPhone 15 Pro Max kurang mulus.

Masalah ini tampaknya terjadi karena iOS 17 dirilis perdana untuk iPhone 15. Jadi, belum banyak aplikasi yang merilis pembaruan agar kompatibel dengan sistem operasi (OS) tersebut, dilansir KompasTekno dari Mashable.

3. Bug saat transfer data iPhone lama

Sejumlah pengguna melaporkan iPhone 15 stuck ketika memproses transfer data dari iPhone lama. Perangkat itu hanya menampilkan logo Apple.

Rupanya masalah itu disebabkan oleh sebuah bug. Apple kemudian memperbaiki masalah itu lewat pembaruan iOS 17.0.2 yang sudah tersedia untuk diunduh pengguna iPhone 15 dan iPhone lain yang mendukung iOS 17.

4. Gampang kotor dan cacat desain

Pengguna iPhone 15, khususnya model Pro juga megeluhkan masalah bagian punggung berbahan titanium yang mudah kotor, meninggalkan bekas sidik jari, dan lain sebagainya.

Masalah yang lebih serius yaitu adanya cacat desain karena penampang ponsel itu memiliki goresan. Selain itu, layar juga dilaporkan kurang presisi dengan tepi ponsel. Masalah ini bahkan didapati pengguna tak lama iPhone 15 dibuka dari kotaknya.

Belum diketahui seberapa banyak pengguna yang mengalami masalah cacat desain ini. Namun mereka bisa mengeklaim garansi untuk kerusakan ini dengan mendapat penggantian perangkat.

Baca juga: Sejumlah iPhone 15 Pro Cacat Desain, Layar Miring dan Warna Tak Rata

5. Bodi ringkih

Masalah terbesar dari iPhone 15 bisa dibilang adalah aspek durability atau ketahanannya. Sejumlah pengguna iPhone menyebutkan bahwa iPhone 15 series lebih rentan rusak secara fisik dibanding iPhone model lawas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com