Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Update iOS iPhone 15 di Toko Tanpa Buka Kardus

Kompas.com - 18/10/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dikabarkan memiliki sebuah sistem atau mekanisme untuk memperbarui (update) software iOS di iPhone 15 secara langsung, tanpa harus membuka kotak/kardus penjualan. 

Setidaknya begitu menurut jurnalis dari media internasional Bloomberg yang biasa menulis topik seputar teknologi dan perangkat Apple, Mark Gurman dalam sebuah berita newsletter.

Biasanya, pembaruan iOS hanya bisa dilakukan secara manual setelah membuka kardus perangkat, utamanya dengan menekan menu di layar iPhone, yaitu "Settings" > "General" > dan "Software Update".

Menurut Gurman, mekanisme update iOS tanpa membuka kotak penjualan iPhone 15 akan mengandalkan sebuah perangkat mirip tablet.

Baca juga: Update iOS 17.0.3 Terbukti Bikin iPhone 15 Pro Lebih Adem

Nantinya, kotak iPhone 15 akan diletakkan di atas tablet tersebut, dan segala pembaruan iOS akan bisa dilakukan melalui layar tablet secara nirkabel tanpa harus membuka kotaknya.

Agar iOS iPhone 15 bisa diperbarui, Gurman menyebut bahwa tablet yang dipakai Apple ini juga bisa menyalakan perangkat yang ada di dalam kotak, mengupdate iOS, lalu mematikannya kembali.

Sehingga dengan demikian, iPhone 15 akan memiliki iOS versi terbaru (misalnya di iOS versi 17.0.3, bukan iOS versi 17.0.0) ketika kotaknya dibuka oleh pemiliknya.

iPhone 15. DOK. Apple iPhone 15.

Gurman menyebut bahwa rencananya, mekanisme pembaruan iOS tanpa membuka kotak penjualan iPhone 15 ini akan diterapkan ke sejumlah Apple Store yang ada di seluruh dunia sebelum akhir tahun ini. 

Baca juga: iPhone 15 Dikeluhkan Mati Mendadak

Tidak disebutkan apakah mekanisme pembaruan iOS lewat perangkat mirip tablet ini akan berlaku di seluruh iPhone yang dijual di Apple Store, selain iPhone 15, atau tidak. 

Belum bisa diketahui apakah informasi dari Gurman ini benar atau tidak, dan jikalau akurat, belum jelas pula apa alasan Apple menerapkan kebijakan pembaruan iOS tanpa buka kardus baru-baru ini, tidak dari sejak sebelum iPhone 15 meluncur. 

Namun, mekanisme pembaruan tanpa membuka kardus iPhone ini kemungkinan ada hubungannya dengan banyaknya masalah yang muncul di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Rabu (18/10/2023).

Masalah-masalah tersebut kabarnya muncul dari versi iOS 17.0.0, alias versi iOS yang didapatkan pengguna ketika membuka kotak kardus perangkat untuk pertama kalinya.

Konon, beragam masalah yang muncul di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro meliputi panas berlebih (overheat), baterai boros, masalah pada konektivitas Bluetooth dan WiFi, masalah CarPlay dan suara speaker, Face ID, dan masih banyak lagi.

Dengan meng-update iOS saat ponsel masih di kardus, Apple kemungkinan berharap pengalaman pengguna saat pertama kali memakai iPhone 15 bakal lebih mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com