Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Link di Bio TikTok Tidak Muncul? Ini Faktornya

Kompas.com - 21/10/2023, 17:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - TikTok menjadi platform media sosial yang dimanfaatkan berbagai kreator konten untuk menghasilkan berbagai karya. Untuk mendukung kreator memberikan pengalaman terbaik kepada audiensnya, TikTok memberikan beragam fitur tertentu.

Salah satunya fitur link di bio TikTok yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan tautan lain, seperti e-mail dan media sosial. Namun tak jarang fitur ini tidak muncul di bio. Hal ini seringkali dirasakan oleh pengguna awal.

Bagi Anda yang penasaran mengapa fitur link di Bio TikTok tidak muncul, selengkapnya berikut ini beberapa alasan yang bisa jadi membuat link di bio tidak hadir di akun TikTok Anda.

Baca juga: Cara Pakai Fitur Iklan di TikTok buat Memperluas Jangkauan Pelanggan

Akun Anda bukan merupakan akun bisnis

Fitur link di bio TikTok bisa jadi tidak muncul karena akun Anda berada di mode pribadi. Fitur ini biasanya hadir ketika pengguna beralih ke akun bisnis. Akun bisnis biasanya dilengkapi dengan beberapa fitur lebih lengkap.

Pengikut (followers) kurang dari 1.000

Dilansir dari Make Use Of, alasan lain yang membuat fitur link di bio tidak muncul adalah karena pengguna masih memiliki jumlah followers kurang dari minimal. Pada Januari 2022, TikTok merilis pembaruan yang mencegah akun bisnis dengan kurang 1.000. Pembaruan ini dirancang untuk menghindari spam.

Kuantitas konten masih sedikit

Dilansir dari beberapa kreator TikTok, bisa jadi link di bio tidak muncul karena jumlah konten yang diunggah masih sedikit atau sekitar 10-15 konten. Apabila kreator konsistem mengunggah video, maka fitur akan muncul dengan sendirinya.

Alternatif menambahkan tautan di bio

Cara pertama

Meskipun pengguna masih belum bisa menyematkan link di bio TikTok, Anda bisa menggunakan cara alternatif lain yaitu menyalin tautan di bio Anda. Meskipun tautan tidak dapat diklik, audiens masih dapat menyalin tautan tersebut dan menuju tautan milik Anda.

Cara kedua

Cara selanjutnya, Anda bisa menautkan akun Instagram Anda. Akun Instagram memiliki fitur yang lebih dijangkau berbagai pengguna. Sehingga audiens TikTok Anda bisa menjangkau link di bio yang berada di Instagram. Namun pastikan isi link di bio sama dengan tautan yang ingin Anda sematkan di bio TikTok.

Baca juga: Cara Menautkan Link Shopee Affiliate ke Akun TikTok

Demikian ulasan mengenai beberapa faktor akun TikTok tidak muncul link di bio. Bagi akun Anda yang memenuhi syarat dapat menautklan link, cara menyematkan link di bio TikTok dapat disimak pada artikel “Cara Menambahkan Link di Bio TikTok dan Syaratnya”. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com