Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Penghalau Gagal Fokus saat Kerja agar Lebih Produktif

Kompas.com - 21/10/2023, 18:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat bekerja atau mengerjakan tugas tak jarang kita merasa kurang fokus hingga mengurangi produktivitas. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari lingkungan hingga dari dalam diri sendiri. 

Namun saat ini terdapat berbagai aplikasi yang membantu pengguna untuk meningkatkan fokus dan membantu lebih produktif.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur manajemen tugas, waktu, hingga alat manajemen tugas yang membantu pengguna bisa lebih terorganisir. Untuk selengkapnya berikut ini beberapa aplikasi fokus yang bisa dicoba.

Baca juga: 5 Aplikasi Scanner Dokumen untuk HP Android Gratis

Apa itu aplikasi fokus?

Aplikasi fokus merupakan alat digital yang dirancang untuk membantu individu dalam menjaga konsentrasi dan produktivitas dengan meminimalkan gangguan.

Aplikasi ini biasanya menawarkan beberapa fitur yang bisa membantu memblokir atau membatasi akses ke situs-situs yang menyebabkan distraksi, seperti media sosial, dan lainnya.

Aplikasi-aplikasi fokus memungkinkan pengguna lebih perhatian dan fokus terhadap tugas dan tujuannya. Aplikasi fokus ini membantu mengatur waktu secara efektif dan cocok untuk pelajar, pekerja, dan siapa pun yang ingin meningkatkan fokus.

Aplikasi-aplikasi fokus

Selengkapnya berikut ini beberapa aplikasi fokus gratis hingga berbayar yang bisa Anda coba.

ClickUp

ClickUpclickup.com ClickUp

ClickUp merupakan aplikasi serbaguna untuk menajemen proyek dan meningkatkan produktivitas. 

Beberapa fiturnya terdiri dari alat manajemen proyek dan produktivitas, menambahkan catatan, fitur pelacakan, kolaborasi, membuat tugas, aplikasi daftar tugas online, manajemen kerja, dan masih banyak lainnya.

ClickUp dapat diakses secara gratis dan berbayar mulai dari 7 dolar AS atau berkisar Rp 109.900. Anda bisa mengakses ClickUp di browser maupun menggunakannya sebagai ekstensi. Apabila Anda tertarik dengan aplikasi ini, dapat menuju tautan berikut ini

Forest

Forest ClickUp Forest

Forest merupakan aplikasi yang membantu Anda agar lebih fokus dan produktif. Di dalam aplikasi ini, ada gambar-gambar pohon virtual. Saat Anda fokus selama 25 menit tanpa menggunakan ponsel, pohon virtual tersebut akan tumbuh.

Namun jika Anda menggunakan ponsel selama waktu itu, pohon virtual akan "mati". Aplikasi ini membantu untuk fokus bekerja tanpa terganggu oleh ponsel. Anda bisa menggunakannya di Android atau iPhone.

Beberapa fitur dari Forest antara lain, kolaborasi, melacak kemajuan dengan timeline, dan Anda bisa memberi tag atau kategori pada tugas dan sesi fokus Anda di aplikasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com