Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 14 Series Meluncur 26 Oktober dengan HyperOS

Kompas.com - 24/10/2023, 12:02 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya mengungkap jadwal peluncuran ponsel flagship-nya, Xiaomi 14 series. Xiaomi 14 series bakal memulai debutnya di China, pada 26 Oktober 2023.

Jadwal peluncuran Xiaomi 14 diungkapkan perusahaan lewat sebuah poster yang diunggah di media sosial Weibo. Poster itu juga diunggah oleh mantan bos Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, di akun X Twitter pribadinya.

Di dalam poster tersebut, tampak potret sudut ponsel yang diagonal, dengan tepi ponsel yang flat. Terlihat pula sebuah modul kamera yang cukup menonjol serta tombol volume di sisi ponsel.

Desain keseluruhan ponsel dalam poster itu tidak ditampilkan penuh. Kendati demikian, potret itu memberikan sedikit gambaran terkait desain Xiaomi 14 yang akan dirilis nanti.

Mengacu pada poster itu, tepi bodi Xiaomi 14 tampak identik seperti pendahulunya, Xiaomi 13. Modul kameranya sepertinya juga mengusung modul persegi, tetapi desain tepi modulnya dibuat berbeda. Pasalnya, desain tepi modul Xiaomi 14 terlihat bergerigi, tidak mulus seperti Xiaomi 13.

 

Xiaomi 13 meluncur secara global di ajang MWC yang berlangsung 27 Februari-2 Maret 2023. Ponsel ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan Flora Green.GSM Arena Xiaomi 13 meluncur secara global di ajang MWC yang berlangsung 27 Februari-2 Maret 2023. Ponsel ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan Flora Green.
Seperti pendahulunya, Xiaomi 14 bakal dilengkapi dengan kamera berteknologi Leica. Smartphone ini juga diduga kuat bakal hadir dalam dua model, meliputi Xiaomi 14 "reguler" dan Xiaomi 14 Pro.

Pendahulunya juga hadir dalam model "Ultra". Namun, untuk Xiaomi 14, belum bisa dipastikan apakah Xiaomi 14 Ultra juga akan hadir atau tidak.

Perusahaan asal China itu belum memberikan bocoran soal spesifikas Xiaomi 14. Kendati demikian, menurut rumor spesifikasi Xiaomi 14 yang beredar di internet, ponsel ini akan ditengai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga: Xiaomi 14 Pro Punya Layar Melengkung dan Bezel Tipis?

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 sendiri dijadwalkan meluncur dalam waktu dekat. Chip itu konon bakal dipasangkan dengan RAM 16 GB dan penyimpanan 1 TB.

Pada aspek daya, smartphone ini disebut akan didukung fast charging 90 watt untuk model reguler dan sampai 120 watt untuk Xiaomi 14 Pro.

Xiaomi 14 series kabarnya bakal hadir dalam tiga opsi warna, meliputi hitam, putih dan hijau. Khusus untuk Xiaomi 14, akan hadir pula dalam warna pink, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (24/10/2023).

Jadi smartphone Xiaomi pertama dengan HyperOS

Pada saat yang sama dengan peluncuran Xiaomi 14, perusahaan yang dipimpin oleh Lei Jun ini juga bakal mengumumkan HyperOS, antarmuka baru pengganti MiUI.

Antarmuka itu akan memulai debutnya di Xiaomi 14, sebagaimana pernyataan pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun di X (dulu Twitter), dengan handle @leijun.

"Hari ini menandai momen bersejarah. Setelah mengembangkannya selama bertahun-tahun, sistem operasi baru kami, #XiaomiHyperOS, siap debut resmi di #Xiaomi14Series," kata Lei Jun dikutip dari X Twitter @leijun 17 Oktober lalu.

Dengan begitu, Xiaomi 14 series akan menjadi smartphone Xiaomi pertama yang memakai antarmuka HyperOS.

Baca juga: Selamat Tinggal MiUI, Kilas Balik UI Khas Xiaomi Selama 13 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com