Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Geber 5G di 4 Kota Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Kompas.com - 25/10/2023, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dalam menyambut ajang kompetisi sepak bola bertaraf dunia, FIFA U-17 World Cup 2023, yang digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Telkomsel memastikan optimasi infrastruktur jaringan broadband 4G/LTE dan Hyper 5G di empat lokasi yang menjadi tuan rumah kompetisi.

Lokasi tersebut antara lain Stadion Jakarta International Stadium/JIS di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Surakarta, dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya.

Tak hanya stadion, jaringan di area pendukung lainnya di empat wilayah kota tersebut juga dioptimasi. Adapun area pendukung mencakup lapangan latihan, pusat perbelanjaan, media center, serta titik transportasi seperti stasiun dan bandara.

Menurut perusahaan, terdapat lebih dari 1.300 unit Base Transceiver Station (BTS) 4G/LTE dan 45 BTS 5G yang sudah dioptimasi kapasitas serta kualitas jaringannya.

Selanjutnya, Telkomsel melakukan penambahan 97 BTS 4G/LTE dan 2 unit BTS 5G, yang menjangkau keempat wilayah penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup 2023.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, jaringan yang sudah dioptimasi ini memungkinkan pengguna tetap bisa berkomunikasi dan menggunakan layanan internet, di tengah keramaian masyarakat yang memenuhi stadion.

Baca juga: Riset Ookla: Telkomsel Operator Seluler Terkencang di Indonesia Kuartal III-2023

"Indonesia akan memulai debutnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA edisi ke-20, dan diperkirakan akan dihadiri sekitar 10.000 hingga 18.000 pengunjung di stadion, yang berpotensi mendorong lonjakan trafik layanan komunikasi," kata Nugroho dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (25/10/2023).

Peningkatan trafik ini, menurut Nugroho, termasuk saat persiapan upacara pembuka Piala Dunia U-17 FIFA di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan pertandingan final di Stadion Manahan Surakarta.

"Oleh karena itu, Telkomsel memastikan kesiapan jaringan broadband 4G/LTE dan Hyper 5G, yang memberikan kenyamanan konektivitas digital bagi tim official, jurnalis, wisatawan, serta masyarakat sekitar untuk berkomunikasi dengan lancar di platform digital," imbuh Nugroho.

Selain mengakselerasi pengalaman digital bagi penonton kompetisi FIFA U-17 World Cup, optimasi jaringan ini juga mendorong pertumbuhan pariwisata nasional.

Baca juga: Telkomsel Buka Pre-order iPhone 15 dengan Paket Bundling

Nugroho menyatakan bahwa Telkomsel siap mendukung kesuksesan Indonesia, sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan kenegaraan maupun olahraga internasional seperti Piala Dunia U-17. Ia pun tak lupa memberikan pesan kepada timnas Indonesia U-17.

"Kami mengucapkan selamat bertanding untuk Tim Nasional Indonesia U-17, semoga dapat meraih prestasi terbaik dan membawa harum nama bangsa," tutup Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com