Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Layar Sentuh Acer Swift Go 14 Tak Pakai Layar OLED, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/10/2023, 16:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laptop-laptop layar sentuh (touchscreen) yang beredar di Indonesia kebanyakan menggunakan panel OLED.

Namun, laptop terbaru Acer di Indonesia, yaitu Swift Go 14 Touch Edition masih dibekali dengan layar sentuh berjenis IPS LCD.

Product Manager Consumer Notebook Acer Indonesia, Matius Tirtawirya mengatakan bahwa pihaknya masih memakai panel tipe ini karena ingin menjadikan laptop terbarunya menjadi alternatif laptop touchscreen terjangkau bagi para generasi muda alias Gen Z.

"Pertimbangan pertama kami ada di harga," kata Matius kepada KompasTekno dalam sebuah acara peluncuran di Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: Laptop Acer Swift Go 14 Touch Edition Rilis di Indonesia, Harga Rp 13 Jutaan

"Karena kalau pakai panel OLED itu harus ada komponen yang ditambah di layar, dan itu akan meningkatkan harga jual laptop ini. Sebab, kami memposisikan Swift Go sebagai laptop dengan rentang harga termurah untuk lini laptop Swift," lanjut Matius.

Meski layarnya masih berjenis IPS LCD, Matius menjelaskan bahwa panel Acer Swift Go 14 Touch Edition memiliki sejumlah fitur layar mumpuni di kelasnya.

Laptop Acer Swift Go 14 Touch Edition dipamerkan dalam sebuah acara yang digelar Acer Indonesia di Gioi Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten. Laptop Acer Swift Go 14 Touch Edition dipamerkan dalam sebuah acara yang digelar Acer Indonesia di Gioi Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Secara desain, Acer Swift Go 14 Touch Edition mengadopsi layar IPS LCD berukuran 14 inci dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200 piksel). Layar ini memiliki rentang warna 100 persen sRGB dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 400 nit.

"Biasanya, laptop yang satu kelas dengan Swift Go 14 Touch Edition hanya memiliki brightness 300 nit. Nah, laptop ini justru memiliki brightness 400 nit, sehingga 25 persen lebih terang dari laptop lain di kelasnya," imbuh Matius.

Fitur unggulan pada layar Swift Go 14 Touch Edition lainnya adalah layar dengan rasio yang lebih luas dengan 16:10, bezel yang lebih tipis, serta lapisan anti-glare supaya mengetik dan menonton film lebih nyaman.

Punggung laptop Acer Swift Go 14 OLED.KOMPAS.com/Bill Clinten. Punggung laptop Acer Swift Go 14 OLED.

"Di laptop touchscreen kebanyakan, biasanya mereka pakai layar glare. Namun di laptop terbaru kami, ini sudah pakai lapisan anti-glare, sehingga layar tidak memantulkan cahaya dan bersih dari bekas sidik jari," pungkas Matius.

Saat ini, Acer Swift Go 14 Touch Edition kini sudah bisa dibeli di berbagai toko mitra Acer, baik online maupun offline di Indonesia.

Laptop ini hanya hadir dalam satu varian warna, yaitu Pure Silver dan dijual di Tanah Air dengan harga ritel sebagai berikut:

  • Acer Swift Go 14 Touch Edition (Intel Core i5-13500H, RAM 16 GB, SSD 512 GB): Rp 13.499.000
  • Acer Swift Go 14 Touch Edition (Intel Core i7-13700H, RAM 16 GB, SSD 1 TB): Rp 15.999.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com