Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Perkenalkan Kartu Grafis Radeon Pertamanya

Kompas.com - 14/07/2023, 16:15 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Acer agaknya mulai lebih serius terjun ke pasaran kartu grafis komputer. Pabrikan asal Taiwan ini belakangan memperkenalkan kartu grafis pertamanya yang menggunakan GPU Radeon dari AMD.

GPU yang digunakan adalah Radeon RX 7600 yang merupakan model entry-level dari jajaran GPU RDNA 3 AMD.

Spesifikasinya mirip dengan kartu grafis berbasis Radeon RX 7600 dari pabrikan lain, termasuk game clock 2.250 MHz, boost clock 2.655 MHz, RAM GDDR6 8 GB, interface PCIe 4.0 8x, TDP 170 watt, dan konektor daya PCIe 8-pin.

Baca juga: GPU Radeon RX 7600 Resmi, Jagoan Baru AMD untuk Lawan Nvidia RTX 4060

Nama lengkap kartu grafis Acer ini adalah Predator BiFrost Radeon RX 7600. Kata "BiFrost" mengacu pada dua jenis kipas berbeda yang digunakan sebagai bagian dari sistem pendingin kartu grafisnya.

Panas dari GPU diserap oleh vapor chamber dan ditransfer ke sirip-sirip heatsink, untuk kemudian dibuang ke udara oleh dua jenis kipas.

Kipas pertama yang terletak di bagian tengah kartu grafis berjenis blower dengan ukuran 70 mm dan membuang panas ke luar casing lewat celah di slot ekspansi. Kipas kedua berjenis axial 92 mm dan membuang panas ke dalam casing.

Bagian samping dan slot ekspansi dari kartu grafis Acer Predator BiFrost Radeon RX 7600, masing-masing memperlihatkan konektor PCIe 8-pin tunggal dan celah ventilasi untuk membuang panas ke luar casing.Acer Bagian samping dan slot ekspansi dari kartu grafis Acer Predator BiFrost Radeon RX 7600, masing-masing memperlihatkan konektor PCIe 8-pin tunggal dan celah ventilasi untuk membuang panas ke luar casing.

Konfigurasi kipas tersebut unik karena biasanya kartu grafis komputer hanya menggunakan satu jenis kipas aja, blower atau axial. Kipas blower banyak digunakan hingga beberapa tahun lalu, tapi kini sudah ditinggalkan karena cenderung berisik.

Seperti dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Jumat (14/7/2023), sebelum merangkul AMD Radeon, Acer sudah lebih dulu membuat kartu grafis dengan CPU seri Arc dari Intel, juga dengan sistem pendingin BiFrost.

Baca juga: AMD Gratiskan Game Starfield untuk Pembelian CPU Ryzen dan GPU Radeon

Selain Predator BiFrost Radeon RX 7600 yang dijual seharga 7.990 dollar Taiwan (sekitar Rp 3,9 juta), Acer juga memperkenalkan dua kartu grafis lain pada saat bersamaan.

Yang pertama adalah Predator BiFrost Radeon RX 7600 OC alias versi overclock dengan peningkatan game clock menjadi 2.320 MHz, boost clock menjadi 2.725 MHz, dan TDP menjadi 180 watt. Harganya dipatok sebesar 8.490 dollar Taiwan (Rp 4,1 juta).

Lalu ada Predator BiFrost Radeon Intel Arc A750 OC dengan clock 2.200 MHz, RAM GDDR6 8 GB, interface PCIe 4.0 16x, TDP 250 watt, dan dua konektor daya PCIe 8-pin. Banderolnya adalah sebesar 8.999 dollar Taiwan (sekitar Rp 4,4 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com