Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Lenyap dari Google Play Store, Digantikan X

Kompas.com - 28/07/2023, 10:57 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selamat tinggal Twitter!

Elon Musk melakukan perombakan besar-besaran pada Twitter, jejaring sosial yang ia beli seharga 44 miliar dollar AS (sekitar Rp 634 triliun) pada Oktober 2022.

Perombanak nyang dilakukan Elon Musk salah satunya mengubah identitas Twitter menjadi serba X, seperti mengubah nama perusahaan dari Twitter Inc. menjadi X Corp.

Lalu mengganti logo platform dari burung "Larry Bird" menjadi huruf "X", mengganti handle akun resmi dari @Twitter menjadi @X, serta menambahkan alamat situs X.com untuk membuka Twitter.com.

Yang paling baru, Elon Musk resmi mengubah nama platform, dari Twitter menjadi X. Langkah rebranding ini membuat Twitter "lenyap" dari toko aplikasi Android, Google Play Store.

Baca juga: Tidak Ada Lagi Burung Biru, Logo Aplikasi Twitter Android Berubah Jadi X

Pantauan KompasTekno, Jumat (28/7/2023), ketika mencari aplikasi Twitter di kolom pencarian Play Store, pengguna malah akan disuguhi aplikasi "X" dari perusahaan X Corp, dengan munculnya tombol pembaruan (update).

Ketika mencari aplikasi Twitter di kolom pencarian Play Store, yang muncul kini adalah aplikasi X dari perusahaan X Corp. Pengguna Android akan disuguhi tombol pembaruan (update).
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ketika mencari aplikasi Twitter di kolom pencarian Play Store, yang muncul kini adalah aplikasi X dari perusahaan X Corp. Pengguna Android akan disuguhi tombol pembaruan (update).
Sepengalaman kami, selama belum mengeklik tombol update, aplikasi Twitter yang sudah diinstal sebelumnya masih menampilkan logo burung "Larry Bird" dengan merek Twitter seperti biasanya di home screen. Aplikasi juga masih bisa dibuka dan digunakan dengan normal.

Namun, ketika melakukan update, ponsel akan menginstal pembaruan dengan ukuran sekitar 24,2 MB. Setelah selesai update, aplikasi Twitter otomatis akan lenyap dari Play Store dan home screen, digantikan aplikasi X.

Ketika membuka aplikasi X, pengguna disuguhkan jendela login/sign up. Jadi, pengguna harus masuk ulang ke akun Twitternya, atau kini lebih tepatnya ke akun X miliknya. Kini, pengguna juga akan melihat logo X yang baru, bukan lagi burung "Larry Bird".

Di samping itu, embel-embel "Twitter" di dalam aplikasi juga hilang. Misalnya, kolom search kini bertuliskan "Search X", bukan "Search Twitter". Menu "Twitter Blue" juga diganti menjadi "Blue".

Pantauan KompasTekno, pengguna masih bisa menemukan Twitter (bukan X) ketika mencari di toko aplikasi Apple App Store. Namun, dengan rebranding di Google Play Store, tampaknya aplikasi Twitter juga akan segera lenyap dari App Store.

Baca juga: Sempat Terblokir, Situs X.com Twitter Kini Bisa Diakses dari Indonesia

Tampilan baru aplikasi X, hasil rebranding Twitter.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan baru aplikasi X, hasil rebranding Twitter.
X jadi super app

Selain secara filosofis, alasan Elon Musk ganti logo Twitter tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan.

Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X. X sendiri merupakan aplikasi dengan layanan beragam atau super apps.

Konsep aplikasi X sebagai super app itu mirip seperti WeChat di China, yang di dalamnya memiliki layanan messaging, pembayaran, pesan-antar makanan, hingga ride-sharing.

Langkah rebranding Twitter menjadi X sepanjang Juli 2023 ini, kemungkinan diambil Elon Musk untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke supper app yang akan dikembangkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com