Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan iMac 24 Inci Baru, Pakai Chip M3 dan 7 Pilihan Warna

Kompas.com - 31/10/2023, 11:45 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selain Apple M3, dalam acara bertajuk "Scary Fast" yang digelar menjelang perayaan Halloween pekan ini, Apple turut memperkenalkan lini komputer iMac baru yang ditenagai chip anyar tersebut.

Apple menjanjikan bahwa iMac M3 bakal menghadirkan lompatan kinerja signifikan dari iMac generasi sebelumnya yang dirilis dua tahun lalu pada 2021

Chip M3 di iMac keluaran 2023 dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 3 nm dan lebih baru dua generasi dibanding M1 di iMac terdahulu, yang masih diproduksi dengan fabrikasi 5 nm.

Baca juga: Apple Umumkan M3, M3 Pro, dan M3 Max, Chip Fabrikasi 3 Nm untuk iMac dan MacBook

Kinerja CPU di Apple M3 diklaim 35 persen lebih tinggi dari Apple M1, sementara pengolah grafisnya (GPU) dan 65 persen lebih gegas. Selain itu, dibanding chip M2 yang dirilis pada 2022, M3 juga disebut lebih kencang.

Apple iMac M3 (2023)Apple Apple iMac M3 (2023)
Jika perbandingannya ditarik lebih jauh ke belakang, ke iMac yang masih menggunakan prosesor x86 dari Intel, peningkatan kinerja iMac M3 lebih tinggi lagi, yakni mencapai 2,5 kali lebih tinggi, menurut klaim Apple.

"Komputer iMac baru yang ditenagai chip M3 terasa luar biasa untuk semua orang, terutama yang belum upgrade dari (iMac) Intel, " ujar Senior Vice President Hardware Engineering Apple John Ternus dalam keterangan tertulis di situs Apple.

Kinerja iMac dalam menjalankan aplikasi produktivitas dan kreasi konten ikut diklaim meningkat. Komputer all-in-one ini, misalnya disebut bisa menjalankan dan menyunting 12 stream video 4K, atau 3 kali lebih banyak dari iMac generasi sebelumnya.

Pengolahan foto di Adobe Photoshop dan produksi video di Apple Final Cut atau Adobe Premiere Pro pun dapat dilakukan hingga dua kali lebih cepat. 

Untuk aspek entertainment, khususnya game, chip Apple M3  untuk pertama kalinya menghadirkan akselerasi ray tracing di komputer Apple untuk menghasilkan efek pencahayaan yang realistis.

Harga dan spesifikasi Apple iMac M3

Apple iMac M3 (2023) dan sejumlah varian warnanyaApple Apple iMac M3 (2023) dan sejumlah varian warnanya
Di luar jeroannya yang kini lebih bertenaga, tampilan Apple iMac M3 sendiri tidak berubah, masih dengan layar Retina 4,5K (4.480 x 2.520 piksel) berukuran 24 inci. Demikian pula dengan konfigurasi port USB, kamera depan 1080p, dan ketebalannya yang tetap 11,5 mm.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa, 31/10/2023), pilihan warnanya juga masih tujuh, yakni hijau, kuning, oranye, pink, ungu, biru, dan silver.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro dengan Chip M3, Harga mulai Rp 25 Juta

Ada tiga pilihan konfigurasi iMac M3 di situs Apple yang bisa dipilih oleh peminatnya, berdasarkan konfigurasi GPU di dalam chip M3, kapasitas memori, dan ketersediaan konektor.

Apple iMac M3 dengan CPU 8-core, GPU 8-core, unified memory 8 GB, dan storage 256 GB, dua konektor Thunderbolt/ USB 4 dan Magic Keyboard dibanderol 1.299 dollar AS (Rp 20,7 juta).

Versi berikutnya datang dengan konfigurasi serupa, tapi dengan GPU 10-core, dua port USB 3.0, gigabit ethernet, dan Magic Keyboard dengan TouchID. Banderolnya 1.499 dollar AS (Rp 23,9 juta).

Varian ketiga memiliki konfigurasi sama dengan varian kedua, tapi menambahkan storage menjadi 512 GB. Harganya juga lebih mahal di angka 1.699 dollar AS (Rp 27 juta). Informasi selengkapnya bisa dilihat di situs Apple di link berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com