Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Lebih Dekat Laptop Gaming Lenovo Legion 9i, Harga Rp 76 Juta

Kompas.com - 09/11/2023, 19:09 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Laptop gaming Lenovo punya jagoan baru. Namanya adalah Legion 9i. Laptop yang harganya lebih dari Rp 70 juta itu punya pendingin cair internal, yang pengaturannya dibantu oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

KompasTekno mendapat kesempatan menjajal langsung dari Singpura di sela-sela acara temu media di Singapura, Selasa (7/11/2023).

Dari pengamatan kami, Lenovo Legion 9i mengusung desain yang tergolong ramping dan tipis untuk sebuah laptop gaming. Namun di dalamnya, laptop ini mengemas spesifikasi yang tidak main-main, seperti prosesor Intel Core i9-13980 HX dan GPU Nidia GeForce RTX 4090.

Sebelum membahas spesifikasinya lebih lanjut, mari kita lihat faktor eksternalnya dulu. Laptop Lenovo Legion 9i memiliki layar materi Mini LED dengan ukuran 16 inci resolusi 3.200 x 2.000 piksel aspek rasio 16:10.

Layar mini LED Legion 9i memiliki 3.200 dimming zone, refresh rate 165 Hz, respons time 3 ms, dan kecerahan maksimal 1.200 nits.

Baca juga: Laptop Gaming Lenovo Legion 9i Masuk Indonesia Desember, Harga Rp 76 Jutaan

Lid Lenovo Legion 9i terbuat dari karbon tempa menghasilkan tekstur unik yang berbeda-beda.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Lid Lenovo Legion 9i terbuat dari karbon tempa menghasilkan tekstur unik yang berbeda-beda.

Lid  laptop terbuat dari bahan karbon yang ditempa, sehingga memiliki tekstur hitam karbon yang berbeda-beda. Di bagian tengah atas layar terdapat webcam dengan resolusi 1080p.

Bergeser ke bagian bawah layar, terdapat grill speaker ukuran besar dengan lampu backlit RGB. Speaker yang diusung terdiri atas 2 buah Harman Super Linear Speaker System 2 Watt, serta teknologi Smart Amp with Nahimic Audio.

Tombol daya berada di bagian tengah atas, berbentuk bulat dengan aksen lampu RGB di sekelilingnya.

Keyboard TrueStrike dengan travel distance 1,5 mm dan Smart Engine Optimization, yang dirancang untuk kontrol yang presisi. Keyboard ini juga menawarkan ventilasi yang lebih baik, dengan keycaps yang dapat ditukar. Di bawahnya terdapat touchpad Mylar yang besar.

Keyboard Legion 9i, speaker, dan touchpad.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Keyboard Legion 9i, speaker, dan touchpad.

Secara keseluruhan, melihat laptop Legion 9i ini terlihat sederhana, mulus dan rapih, dengan kesan profesional dan elegan, karena tak nampak banyak tombol. Pencahayaan lampu di speaker dan keyboard menambah daya tarik laptop ini.

Beralih ke tombol dan port, semuanya rapih dipasang di belakang. Bahkan colokan daya pun diletakkan di bagian belakang laptop.

Total, terdapat tiga port USB-C (dua di antaranya mendukung Thunderbolt 4), dua USB Type-A, satu output HDMI, jack Ethernet, SD card reader, jack audio/headphone 3,5 mm.

Sisi-sisi kanan-kiri juga terlihat minimalis, dengan lubang kisi-kisi udara. Di sisi kanan terdapat tombol elektronik e-shutter, port USB-A 3.2 Gen 1 di dekat engsel.

Sementara di sisi kiri terdapat slot microSD dan port headphone/mic combo yang dekat dengan engsel.

Baca juga: Lenovo Legion 9i Resmi, Laptop Gaming 16 Inci dengan Liquid Cooling Pertama di Dunia

Port-port ditata di bagian belakang Legion 9i.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Port-port ditata di bagian belakang Legion 9i.

Spesifikasi Lenovo Legion 9i

Legion 9i ditenagai dengan prosesor (CPU) tertinggi Intel untuk segmen laptop, yaitu Intel Core i9-13980 HX. Prosesor ini memiliki jumlah inti (core) mencapai 24 unit, serta memiliki kecepatan maksimal hingga 5,6 GHz.

Komponen CPU tersebut dipadukan dengan GPU teratas dari Nvidia, yaitu GeForce RTX 4090 yang memiliki video memory (VRAM) GDDR6 sebesar 16 GB.

Dalam acara Legion Asia Pacific Tour 2023 yang digelar di Singapura, Selasa (7/11/2023), Lenovo mengenalkan laptop gaming Legion 9i. Laptop ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dengan sistem pendingin cair sirkulasi internal.KOMPAS.com/Reska Nistanto Dalam acara Legion Asia Pacific Tour 2023 yang digelar di Singapura, Selasa (7/11/2023), Lenovo mengenalkan laptop gaming Legion 9i. Laptop ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dengan sistem pendingin cair sirkulasi internal.

Menyoal memori, Legion 9i memiliki konfigurasi RAM DDR5 hingga 64 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD NVMe PCIe 4.0 mencapai 2 TB. Ilustrasi konektor atau port yang menghiasi laptop gaming Lenovo Legion 9i.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup cip Lenovo LA-2 AI untuk mengontrol seluruh lampu RGB yang ada di Legion 9i, baterai berkapasitas 99,99 Whr, WiFi 7, Bluetooth 5.3, dan sistem operasi Windows 11.

Ada pula beberapa konektor (port) yang menghiasi laptop gaming ini, meliputi 3 port USB-C (2 mendukung Thunderbolt 4), 2 port USB-A, 1 port Ethernet, 1 port HDMI 2.1, 1 audio jack 3.5 mm, dan 1 slot SD card reader.

Baca juga: Konsol Game Windows Lenovo Legion Go Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com