Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Lenovo Stop Bikin HP Gaming, Layarnya Terlalu Kecil

Kompas.com - 08/11/2023, 15:37 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Fans Lenovo kini harus berhenti berharap Legion Phone akan kembali. Sebab, Lenovo mengatakan sudah beralih dari ponsel gaming dan hanya fokus pada konsol handheld-nya yang baru saja dirilis, Legion Go.

"Kami pernah punya Legion Phone, namun kini kami sudah move on, dan fokus pada segmen ini (handheld console)," kata Clifford Chong, Lenovo Asia Pacific's Category Manager for Gaming, saat ditanya kemungkinan kembalinya Legion Phone, Selasa (7/11/2023).

Artinya, kini lini gaming Lenovo sepenuhnya bertumpu pada Legion Go yang berbasis Windows 11. Meski demikian, Clifford mengatakan pengguna sebenarnya juga bisa memainkan game-game berbasis Android di Legion Go.

"Anda bisa main game Android lewat emulator (dengan Legion Go), saya rasa belum banyak yang mencobanya saja," ujar Clifford seraya meyakinkan bahwa main game Android di Legion Go juga tak kalah seru.

Clifford Chong, Lenovo Asia Pacific's Category Manager for Gaming, mengatakan Lenovo fokus pada segmen handheld console dan sudah move on dari ponsel gaming, saat ditemui Kompas.com di Singapura, Selasa (7/11/2023).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Clifford Chong, Lenovo Asia Pacific's Category Manager for Gaming, mengatakan Lenovo fokus pada segmen handheld console dan sudah move on dari ponsel gaming, saat ditemui Kompas.com di Singapura, Selasa (7/11/2023).
"Mungkin (bermain game di ponsel) layarnya sedikit lebih smooth, namun tetap saja ukurannya (ponsel gaming) itu 6 inci," kata Clifford.

Baca juga: Katalog 3.000 Game Android Kini Bisa Dimainkan di PC

Karena itulah, Lenovo ingin move on dan menawarkan konsol handheld dengan ukuran layar lebih besar. Legion Go sendiri memiliki ukuran layar 8,8 inci, menjadikan konsol handhled dengan layar terbesar di pasaran saat ini.

Resolusi layarnya QHD+ dan refresh rate 144 Hz, yang sejatinya sudah cukup untuk menjalankan game-game berat Android.

Hardware Legion Go juga ditunjang oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme dengan grafis AMD RDNA, RAM 16GB LPDDR5X 7500Mhz untuk menjalankan game-game berperforma tinggi dan waktu loading yang cepat.

Baca juga: Laptop Gaming Lenovo Legion 9i Masuk Indonesia Desember, Harga Rp 76 Jutaan

Sebagai informasi, Lenovo mengumumkan berhenti membuat ponsel gaming pada Maret 2023 lalu, tiga tahun setelah ponsel gaming pertamanya, Legion Duel dirilis pada 2020.

Hal itu dilakukan Lenovo sebagai bagian dari transformasi bisnis Lenovo yang lebih luas, khususnya di segmen produk gaming.

"Lenovo berkomitmen untuk memajukan bisnis gaming lewat berbagai produk dengan form factor berbeda," ujar juru bicara Lenovo pada saat itu.

Dengan mundurnya Lenovo dari bisnis ponsel gaming, maka kini hanya tersisa tiga merek saja yang menawarkan produk ponsel gaming mereka ke pasar global. Mereka adalah ROG Phone dari Asus, Nubia Red Magic dari ZTE, serta Black Shark dari Xiaomi.

Baca juga: Konsol Game Windows Lenovo Legion Go Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com