Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Instagram "Shared List" Hadir di Indonesia, Bagikan IGS ke Banyak "Circle"

Kompas.com - Diperbarui 13/11/2023, 06:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring sosial milik Meta, Instagram meluncurkan fitur baru bernama "Shared List". Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan Instagram Stories ke beberapa kelompok pertemanan, atau anak zaman sekarang menyebutnya "circle" pertemanan yang berbeda-beda.

Pantauan KompasTekno, Jumat (10/11/2023), fitur Shared List untuk IG Stories ini sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia lewat aplikasi Instagram versi 308.0.0.36.109 di ponsel Android.

Fitur ini tampaknya masih digulirkan secara bertahap karena belum merata tersedia untuk seluruh pengguna.

Beda Shared List dan Close Friends

Fitur Baru Instagram Shared List Bisa Dicoba di Indonesia. Fitur Shared List memungkinkan pengguna membagikan IG Story ke banyak circle pertemanan yang berbeda.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Fitur Baru Instagram Shared List Bisa Dicoba di Indonesia. Fitur Shared List memungkinkan pengguna membagikan IG Story ke banyak circle pertemanan yang berbeda.
Fitur baru Shared List ini mirip dengan fitur Close Friends yang sudah ada lama di Instagram. Kesamaan di antara dua fitur ini, pengguna menambahkan orang ke dalam lis tertentu dan hanya orang di dalam lis itulah yang bisa melihat IG Stories yang dibagikan pengguna.

Adapun perbedaannya, fitur baru Shared List memungkinkan pengguna membuat lebih dari satu daftar.

Misalnya, pengguna membuat daftar "Foodies" untuk circle pertemanan yang sering makan bersama, daftar "BTS-Army" untuk circle pertemanan sesama penggemar grup band BTS, daftar "K-drama" untuk circle pecinta drama Korea, "KompasTekno Crew" untuk rekan kerja, dan daftar lainnya sesuai keinginan.

Hal ini berbeda dengan Close Friends yang berupa lis tunggal.

Perbedaan lainnya adalah soal transparansi anggota dalam lis. Seluruh pengguna yang dimasukkan ke dalam Shared List bisa melihat anggota lain dalam lis. Tak hanya itu, setiap pengguna dalam lis juga bisa menambahkan pengguna lain untuk masuk dalam Shared List, meski Shared List dibuat oleh pengguna lain.

Dalam keterangan cara kerja Shared List yang dibagikan Instagram seperti gambar di atas, setiap pengguna yang ada di dalam Shared List juga diberikan hak untuk keluar dari lis kapanpun mereka mau.

Hal ini berbeda dengan Close Friends di mana hanya pengguna yang membuat daftar yang bisa menambahkan dan melihat siapa saja orang dalam lis Close Friends.

Warna lingkaran Instagram Stories juga berbeda. Konten yang dibagikan lewat fitur Shared List akan memiliki lingkaran berwarna biru. Sebagai perbandingan, konten yang dibagikan secara publik akan berwarna gradasi ungu-kuning, sedangkan yang dibagikan lewat Close Friends berwarna hijau.

Tidak ada informasi berapa banyak Shared List yang bisa dibuat pengguna. Namun, sepengalaman KompasTekno, kami bisa membuat lebih dari 5 Shared List Instagram.

Baca juga: 4 Trik Mengetahui Siapa yang Blokir Kita di Instagram

Cara bikin Shared List Instagram

Bila sudah kebagian, berikut cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di IG.

cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto cara membuat fitur baru Shared List Instagram untuk banyak circle pertemanan di Instagram.

  • Buka Instagram Stories
  • Pilih konten video/foto yang ingin dibagikan
  • Klik "Shared Lists" di bawah layar
  • Pilih "Create" untuk membuat lis baru
  • Masukkan nama Shared List
  • Lalu, klik "Next"
  • Pilih pengguna yang ingin ditambahkan ke lis
  • Klik "Create shared list"

Lakukan langkah yang sama untuk membuat Shared List lainnya. Pengguna tinggal mengeklik salah satu Shared List ketika ingin membagikan Instagram Stories khusus untuk circle pertemanan tertentu.

Tampilan konten yang dibagikan khusus lewat fitur baru Shared List Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan konten yang dibagikan khusus lewat fitur baru Shared List Instagram.
Setiap konten yang dibagikan lewat Shared List akan memiliki penanda bendera biru dengan nama Shared List di pojok kanan atas. Ketika diklik, pengguna akan melihat Instagram Stories dari pengguna lain yang dibagikan khusus untuk Shared List tersebut.

Pengguna juga bisa menambahkan konten lain dengan klik "Add story". Atau pengguna bisa melihat, menambahkan, atau menghapus member dengan klik "See members".

Baca juga: 3 Trik Mengetahui Akun Instagram Kita Di-Mute Orang Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com