Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Foto Tiga Kamera "Hasselblad" Oppo Find N3 Flip, Tajam di Berbagai Kondisi

Kompas.com - 13/11/2023, 18:33 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 Flip merupakan ponsel lipat yang mengandalkan fitur kamera. Tak main-main, Oppo menyematkan tiga kamera belakang yang dimuat dalam sebuah modul melingkar, dan satu kamera selfie yang dimuat di lubang punch hole layar ponsel ini.

Ketiga kamera belakang di ponsel ini berteknologi Hasselblad, dan salah satunya diklaim merupakan kamera pertama di dunia untuk kategori ponsel lipat berjenis flip, yaitu kamera telefoto 32 MP (f/2.0, Sony IMX709, optical zoom 2x).

Dua kamera belakang lainnya adalah kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX890, OIS) dan kamera ultrawide 48 MP (f/2.2, Sony IMX581, bidang pandang 115 derajat). Lalu untuk kamera selfie perangkat ini memiliki resolusi 32 MP (f/2.4, Sony IMX709).

Deretan kamera belakang di ponsel ini turut dibekali dengan beragam teknologi vendor kamera asal Swedia, Hasselblad. Dua di antaranya adalah Hasselblad Color Calibration untuk menampilkan warna foto natural yang klasik, serta Hasselblad Portrait Mode untuk hasil foto efek bokeh dramatis.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Oppo Find N3, Smartphone Lipat yang Tidak Biasa

Lantas, bagaimana hasil foto dari seluruh kamera yang ada di penerus Oppo Find N2 Flip ini? Secara keseluruhan, hasil foto Oppo Find N3 Flip bisa dibilang cukup bagus.

Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Oppo Find N3 Flip. Bisa dilihat, jika kondisi terang, foto yang dihasilkan kamera utama ponsel ini bisa memiliki detail yang tajam dan warna yang menyerupai aslinya.Kompas.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Oppo Find N3 Flip. Bisa dilihat, jika kondisi terang, foto yang dihasilkan kamera utama ponsel ini bisa memiliki detail yang tajam dan warna yang menyerupai aslinya.

Pada hasil foto kamera utama yang diambil siang hari seperti gambar di atas, misalnya, foto tersebut tampak memiliki detail yang bagus dan tajam.

Kualitas warna yang ditampilkan beragam obyek yang ada di dalam gambar, seperti warna daun, pohon, tembok, hingga mobil juga terlihat mirip dengan aslinya dan tidak begitu mencolok berkat Hasselblad Color Calibration.

Untuk pemotretan malam hari, kamera utama Oppo Find N3 juga bisa dibilang mampu mengabadikan beragam obyek yang kami bidik, seperti gambar suatu kafe yang kami kunjungi di gambar di bawah ini.

Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Oppo Find N3 Flip mode malam hari. Bisa dilihat, kamera ponsel ini mampu mengabadikan obyek yang penuh lampu dan meredam cahay lampu tersebut, supaya obyek bisa dilihat dengan jelas dan baik dan tidak terlalu silau. Kompas.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Oppo Find N3 Flip mode malam hari. Bisa dilihat, kamera ponsel ini mampu mengabadikan obyek yang penuh lampu dan meredam cahay lampu tersebut, supaya obyek bisa dilihat dengan jelas dan baik dan tidak terlalu silau.

Pada gambar di atas, bisa dilihat tulisan "Upala" sebenarnya memancarkan lampu yang sangat silau. Namun dengan fitur Night Mode di Oppo Find N3 Flip, cahaya berlebih tersebut bisa diredupkan.

Dengan begitu, detail obyek yang ada di sekitar tulisan Upala di atas, seperti tekstur dan pola bangunan, bisa dilihat dengan jelas.

Baca juga: Hands-on Oppo Find N3 Flip, Lebih Cantik dan Mudah Dibuka-Tutup

Kamera ultrawide dan telefoto bisa diandalkan

Hasil foto kamera ultrawide 48 MP (f/2.2) Oppo Find N3 Flip di malam hari. Bisa dilihat, foto ini bisa memuat banyak obyek karena memiliki sudut pandang yang cukup lebar. Selain itu, meski menggunakan kamera ultrawide, Oppo Find N3 tetap bisa menghasilkan foto yang bagus di kondisi malam hari.Kompas.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera ultrawide 48 MP (f/2.2) Oppo Find N3 Flip di malam hari. Bisa dilihat, foto ini bisa memuat banyak obyek karena memiliki sudut pandang yang cukup lebar. Selain itu, meski menggunakan kamera ultrawide, Oppo Find N3 tetap bisa menghasilkan foto yang bagus di kondisi malam hari.

Beralih ke kamera ultrawide Oppo Find N3 Flip, kamera tersebut mampu menghasilkan foto dengan sudut pandang lebar yang cukup detail di berbagai kondisi.

Pada gambar di atas, misalnya, obyek pot tanaman yang ada di sebelah kiri, serta beberapa obyek manusia yang sedang duduk di sebelah kanan, tidak akan terlihat jika foto diambil menggunakan kamera utama.

Detail foto lain, seperti air, tanaman, bangunan sekitarnya juga memiliki detail yang cukup jelas, meski diambil di malam hari.

Hasil foto kamera ultrawide (kiri atas), kamera utama (kanan atas), dan kamera telefoto (dua foto di bawah) Oppo Find N3 Flip. Bisa dilihat, obyek kucing tampil dengan warna dan detail yang tajam meski diambil pada malam hari. Gambar kucing ini juga tidak pecah untuk hasil foto model telefoto 2x (kiri bawah) dan 5x (kanan bawah). Kompas.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera ultrawide (kiri atas), kamera utama (kanan atas), dan kamera telefoto (dua foto di bawah) Oppo Find N3 Flip. Bisa dilihat, obyek kucing tampil dengan warna dan detail yang tajam meski diambil pada malam hari. Gambar kucing ini juga tidak pecah untuk hasil foto model telefoto 2x (kiri bawah) dan 5x (kanan bawah).

Sama seperti kamera ultrawide, kamera telefoto Oppo Find N3 Flip juga bisa dibilang cukup mumpuni untuk memotret beragam obyek yang berada di jarak jauh dengan tajam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com