Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Buatan Indonesia Masuk Nominasi The Game Awards 2023, Yuk Ikut Voting

Kompas.com - 15/11/2023, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game buatan pengembang (developer) independen (indie) asal Surabaya Mojiken Studios, yaitu A Space for the Unbound masuk nominasi ajang penghargaan prestisius The Game Awards 2023.

A Space for the Unbound merupakan game petualangan dengan latar pedesaan di Indonesia pada tahun 90-an. Game ini memiliki tokoh karakter bernama Atma dan Raya yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan bertugas menyelidiki misteri kota mereka di tengah masa akhir sekolah.

Nah di The Game Awards 2023, A Space for the Unbound, yang dirilis oleh penerbit game lokal Toge Productions, merupakan satu-satunya game buatan studio game indie Tanah Air yang masuk ke dalam nominasi.

Mayoritas game yang ada di nominasi The Game Awards bisa dibilang merupakan studio game besar dengan judul game populer macam Marvel's Spider-Man 2, The Legend of Zelda: Tears of The Kingdom, Alan Wake 2, Baldur's Gate 3, dan lain sebagainya.

Adapun perhelatan The Game Awards sendiri bisa dibilang merupakan salah satu ajang penghargaan game terbesar dan paling bergengsi di industri game dunia.

Biasanya, game-game yang masuk ke dalam nominasi ajang penghargaan tersebut memang game-game yang cukup populer dan digemari oleh para pemain di seluruh dunia. Ini berarti, game buatan Mojiken Studios tadi mungkin memiliki basis penggemar atau pemain yang cukup banyak.

Di The Game Awards 2023 sendrii, A Space for the Unbound masuk ke dalam kategori nominasi "Games for Impact". Game yang dimuat dalam kategori nominasi adalah game-game yang memiliki pesan dan moral cerita yang kuat, yang tentunya disematkan lewat jalur cerita di dalam game.

Baca juga: Elden Ring Juarai The Game Awards 2022, Ini Daftar Pemenang Lengkapnya

Game yang masuk nominasi Games for Impact di The Game Awards 2023, ada A Space for the Unbound.TheGameAwards2023 Game yang masuk nominasi Games for Impact di The Game Awards 2023, ada A Space for the Unbound.

Selain A Space for the Unbound, kategori Games for Impact diisi oleh beberapa game lainnya, seperti Chants of Sennaar (Rundisc), Goodbye Volcano High (KO_OP), Tchia (Awaceb), Terra Nil (Free Lives), dan Venba (Visai Games).

Pengumuman pemenang Games for Impact, beserta seluruh kategori nominasi di The Game Awards 2023, rencananya akan diumumkan pada 7 Desember 2023 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Anda bisa ikut serta dalam proses pemilihan (voting) di semua nominasi The Game Awards 2023 dengan mengunjungi laman ajang penghargaan tersebut di tautan berikut ini.

Proses voting akan ditutup sehari sebelum pengumuman pemenang, yaitu 6 Desember waktu AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheGameAwards.com, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Mojiken Studios Borong 4 Penghargaan Indonesia Game Awards di IGDX 2023

Terkait ajang penghargaan, A Space for the Unbound juga sebelumnya sempat meraih seabrek penghargaan bergengsi di industri game.

Beberapa di antaranya seperti Japan Game Awards 2022 (kategori Future Division), SEA Game Awards 2023 (Best Storytelling), dan Indonesia Game Awards 2023 (Best Game Visual, Best PC/Console Game, Game of The Year). 

Dengan banyaknya penghargaan ini, bukan tidak mungkin Mojiken Studios akan menambah satu piala untuk game yang mereka rilis pada 19 Januari 2023 itu lewat ajang The Game Awards 2023.

Baca juga: Konsol Game Windows Lenovo Legion Go Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com