Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil "Mobile Legends" MPLI 2023 Hari Pertama, RRQ dan Evos Takluk

Kompas.com - 16/11/2023, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tim e-sports profesional asal Indonesia, RRQ dan Evos Legends ditumbangkan pada hari pertama turnamen Mobile Legends (MLBB) Professional League Invitational (MPLI) 2023, Rabu (15/11/2023).

RRQ dikalahkan oleh RSG Philippines dalam pertandingan satu game terbaik (Best of 1/BO1). Dalam game (match) itu, RRQ menurunkan roster Toyy, Clayyy, Matsurugi, Banana, dan Iyanzz. RSG digawangi Demonkitee, Light, Nathzz, Emann, serta Aqua.

Roster RRQ bisa dibilang menarik karena Matsurugi, Toyy, dan Iyanzz meruapakan dua pemain yang diambil dari RRQ Sena. RRQ Sena sendiri adalah tim RRQ yang berlaga dalam turnamen skala nasional Mobile Legends Development League Indonesia (MDL ID).

Duel langsung terjadi pada menit kedua, tetapi kedua tim ini tidak saling kill. Keduanya langsung mengubah tujuan untuk mencuri turtle yang baru saja muncul. Turtle berhasil dicuri oleh RSG Demonkitee, tetapi perebutan ini tidak memakan korban dari RRQ.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Pertandingan antara RSG Philippines dan RRQ di MPLI 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pertandingan antara RSG Philippines dan RRQ di MPLI 2023
Demonkitee merebut turtle lagi pada menit kelima. Lalu, turtle ketiga diamankan oleh Evos Iyanzz. Delapan menit berlalu, dan RRQ masih unggul jumlah kill 1-0. RSG pun membalas pada menit kesembilan sehingga eliminasi menjadi 1-1.

Pada menit kesepuluh, RSG Demonkitee dan Emann menghajar lord. RRQ yang semula ingin merebut lord kini terpukul mundur untuk melindungi markas. RSG mulai agresif pada lane tengah, sedangkan lord menyerang dari lane atas.

Lord berhasil ditumbangkan, tetapi RSG masih menekan posisi luar markas RRQ. Lord kedua terpanggil yang kemudian diamankan lagi oleh RSG. RRQ yang mundur akhirnya ditumpaskan oleh RSG. Match berakhir pada menit 15:02.

Derby Evos vs Rebellion Zion

Beralih ke Evos Legends, tim ini juga dikalahkan oleh skuad "biru" Indonesia lainnya, yakni Rebellion Zion (RBL) dalam match BO1.

Evos Legends diwakili oleh Tazz, Vaanstrong, Cr1te, Veldora, dan Douma. Sementara itu, Rebellion Zion memainkan skuad Karss, Audytzy, Vincentt, Moai, dan Swaylow.

Buff turtle diambil oleh Vincentt dari Rebellion pada menit kedua. Team fight terjadi pada menit keempat, tetapi tidak ada pemain yang tumbang. Evos dan Rebellion saling "menculik" pemain, sehingga poin kill adalah 3-1 untuk Evos pada menit ketujuh.

Baca juga: Universitas Indonesia Akan Tambah Mata Kuliah Game, AI, dan E-sports

Duel antara Evos Legends dan Rebellion Zion di MPLI 2023KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Duel antara Evos Legends dan Rebellion Zion di MPLI 2023
Turtle selanjutnya diamankan lagi oleh RBL Vincentt. Kali ini, Rebellion mulai agresif dalam lane atas, tetapi mereka terpukul mundur karena Evos Tazz sukses menculik Moai.

Saat lord baru muncul pada menit kesepuluh, Vincentt menggila dan menghajar Douma dan Tazz. Dengan double kill ini, Evos harus pasrah mengalah dan memberikan lord pada RBL. Lord ditumbangkan di lane bawah sehingga kini RBL harus mundur dan mengatur strategi.

Pertarungan berlangsung sengit, lalu RBL Moai merebut lord pada menit ke-14. Lord menyerang dari lane atas tetapi langsung dihabisi oleh Evos. Lord ini rasanya memang dijadikan distraksi saja agar RBL bisa "mencicil" menghancurkan turret luar Evos.

Pada menit ke-21, lord yang sudah diperkuat (enhanced) muncul. Lagi-lagi, Evos gagal mengamankan lord, sehingga mereka harus mundur dan melindungi markas. Kali ini, Evos benar-benar babak belur sehingga match pun berakhir dalam menit 25:11.

Selain RRQ, Evos, dan Rebellion Zion, terdapat pula tim Indonesia yang mencakup Dewa United Esports (skor 1-1), Geek Fam ID (skor 0-1), dan Bigetron Alpha (skor 1-0).

Selengkapnya, berikut ini klasemen sementara grup A, B, C, D di MPLI 2023:

Baca juga: Ini Daftar Tim, Format, dan Link Streaming Mobile Legends MPLI 2023

Grup A

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah dalam match Poin
1 AP.Bren 2-0 2
2 Dewa United Esports 1-1 1
3 Nova Esports 0-1 0
3 TheOhioBrothers 0-1 0

Grup B

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 HomeBois 2-0 2
2 Blacklist International 1-1 1
3 Geek Fam ID 0-1 0
3 Team Falcons 0-1 0

Grup C

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 Bigetron Alpha 1-0 1
2 Echo 1-1 1
3 Rebellion Zion 1-1 1
4 Evos Legends 0-1 0

Grup D

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 RSG Philippines 2-0 2
2 See You Soon 1-1 1
3 Rex Regum Qeon 0-1 0
3 Team Flash 0-1 0

Sebagai pengingat, satu tim teratas di klasemen akhir masing-masing grup akan ditempatkan di tangga turnamen teratas (upper bracket) di babak penyisihan (playoff) MPLI 2023.

Sementara itu, tim posisi kedua masuk ke tangga turnamen terbawah (lower bracket) playoff, dan dua tim di bawahnya akan tereliminasi dari kompetisi.

Tim yang kalah di upper bracket nantinya akan turun ke lower bracket, sedangkan tim yang ada di lower bracket akan langsung tereliminasi jika ditumbangkan.

Jadwal MPLI 2023 hari kedua

Babak grup masih akan berlangsung hari ini hingga Jumat (17/11/2023). Berikut ini jadwalnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Liquipedia, Kamis (16/11/2023):

Jadwal pertandingan 16 November 2023

  • Nova Esports vs The Ohio Brothers (13.00 WIB)
  • AP.Bren vs Nova Esports (14.00 WIB)
  • The Ohio Brothers vs Dewa United Esports (15.00 WIB)
  • Geek Fam ID vs Team Falcons (16.00 WIB)
  • Blacklist International vs Geek Fam ID (17.00 WIB)
  • Team Falcons vs HomeBois (18.00 WIB)
  • Evos Legends vs Bigetron Alpha (19.00 WIB)
  • Echo vs Evos Legends (20.00 WIB)
  • Bigetron Alpha vs Rebellion Zion (21.00 WIB)
  • RRQ vs Team Flash (22.00 WIB)
  • See You Soon vs RRQ (23.00 WIB)

Jadwal pertandingan 17 November 2023

  • Team Flash vs RSG Philippines (00.00 WIB)

Bila tertarik, penggemar MLBB bisa menonton keseruan MPLI 2023 secara offline di GBK Basketball Hall (berbayar, harga tiket mulai Rp 50.000), atau secara online lewat kanal YouTube OneSports di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com