Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampakan Jelas 2 Mobil Listrik Xiaomi, Mirip Tesla dan Pakai HyperOS?

Kompas.com - 17/11/2023, 07:31 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi dikenal sebagai perusahaan pembuat ponsel pintar (smartphone), gelang pintar (smartband), perabot pintar (smart home appliances), dan beragam barang elektronik pintar lainnya.

Perusahaan asal China tersebut sudah memiliki rencana untuk merambah ke bisnis lain, yaitu mobil listrik dengan kehadiran anak perusahaan bernama Xiaomi EV (Electronic Vehicles) pada Agustus 2021 lalu. Rencananya, Xiaomi EV akan memproduksi mobil pertama mereka pada 2024 mendatang.

Penampakan mobil listrik pertama Xiaomi sempat muncul di dunia maya sekitar awal Januari 2023. Kala itu, mobil tersebut terekam kamera saat menjalankan proses uji jalan (road test). Namun, desain mobil ini belum begitu jelas, lantaran masih ditutupi dengan kain berwarna hitam.

Nah kini, memasuki pertengahan November 2023, penampakan mobil listrik pertama Xiaomi kembali menyeruak, namun dengan informasi dan detail yang lebih jelas.

Desain mobil listrik pertama Xiaomi tercantum dalam dokumen pengajuan pengedaran kendaraan listrik yang dikirimkan Xiaomi ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (KPTI) China baru-baru ini.

Dokumen tersebut belakangan tersebar di internet dan media sosial asal China Weibo, terutama via pengguna dengan handle @abenzene.

Nah, dalam dokumen ini, ada sejumlah gambar yang menampilkan dua mobil listrik pertama bikinan Xiaomi yang akan dirakit oleh perusahaan mobil BAIC Group. Konon, kedua mobil tersebut memiliki nama Xiaomi SU7 dan SU7 Max.

Secara desain, Xiaomi SU7 dan SU7 Max memiliki tampilan yang serupa. Desain kedua mobil ini mirip seperti mobil listrik Tesla, Model 3 atau Model Y.

Ilustrasi perbandingan mobil listrik Xiaomi SU7 dan SU7 Max.Weibo Ilustrasi perbandingan mobil listrik Xiaomi SU7 dan SU7 Max.

Artinya, kedua mobil listrik Xiaomi ini merupakan mobil empat hingga lima penumpang (4-5 seater) yang bagian depannya lebih panjang dibanding bagian belakangnya, sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Perbedaan kedua mobil listrik ini tentunya di kemampuannya. Xiaomi SU7 kabarnya memiliki bobot 1.980 kg dengan kecepatan maksimal 210 km/jam, sedangkan Xiaomi SU7 Max memiliki bobot 2.205 kg dengan kecepatan maksimal 265 km/jam.

Khusus untuk Xiaomi SU7, mobil listrik ini memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi 4.997 x 1.963 x 1.455 mm. Mobil listrik ini memiliki dua opsi mesin penggerak roda, yaitu roda belakang (RWD) dan semua roda (AWD).

Belum bisa dipastikan apakah Xiaomi SU7 Max memiliki dimensi dan model yang sama dengan Xiaomi SU7 atau tidak.

Tidak disebutkan pula bagaimana spesifikasi Xiaomi SU7 dan SU7 Max lainnya, namun mengacu pada namanya, mobil tersebut kemungkinan akan memiliki teknologi baterai yang lebih mumpuni dan lebih tahan lama dari Xiaomi SU7 "reguler".

Selain Xiaomi SU7 dan SU7 Max, Xiaomi juga disebut memiliki model lain yaitu SU7 Pro, sehingga bleh jadi akan ada tiga model dari mobil listrik SU7 Series.

Baca juga: Xiaomi Pamer Mobil Listrik Pesaing Tesla yang Bisa “Nyopir” Sendiri

Namun, detail spesifikasi untuk tipe mobil "Pro" tersebut belum dapat diketahui. Detail gambar lainnya dari Xiaomi SU7 Series, seperti detail eksterior mobil, spion, hingga pelek bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Ilustrasi detail mobil listrik Xiaomi SU7 Series lainnya.Weibo Ilustrasi detail mobil listrik Xiaomi SU7 Series lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com