Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Pamer Mobil Listrik Pesaing Tesla yang Bisa “Nyopir” Sendiri

Kompas.com - 15/08/2022, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pada 2021, Xiaomi mengenalkan unit bisnis baru yang berfokus di mobil listrik, yaitu Xioami EV (Electronic Vehicle). Kini, Xiaomi mengungkap wujud mobil listrik pesaing Tesla tersebut, dan memamerkan kemampuan berkendara otomatisnya.

Mobil listrik Xiaomi dilengkapi “Xiaomi Pilot Technology”, sehingga mampu berkendara sendiri secara otomatis, tanpa bantuan apa pun dari manusia.

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun melalui cuitannya di Twitter dengan handle @leijun, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Mulai Diproduksi 2024

“Xiaomi Test Pilot kami telah mencapai pengalaman berkendara yang aman dan mulus di berbagai macam kondisi. Lihat video di bawah ini untuk beberapa demo (mobil listrik Xiaomi),” tulis Lei Jun.

Video yang berdurasi 1 menit 31 detik ini memamerkan hasil uji coba mobil listrik Xiaomi yang berjalan secara otonom. Selama video berlangsung, terdapat beberapa sudut pandang kamera yang menampilkan kondisi dari mobil listrik tersebut di jalan raya.

Hal pertama yang dimunculkan dari video tersebut adalah kemampuan mobil untuk berhenti secara otomatis dan menunggu sampai jalanan sepi, agar dapat melakukan putar balik. Putaran yang diuji coba saat itu adalah putaran membentuk huruf “U” atau “U-turn”.

Mobil juga mampu menghindari mobil lain yang sedang mogok di tengah jalan, melakukan jalan setengah memutar, mempercepat dan memperlambat kecepatan mobil sesuai kondisi jalan, mematuhi aturan lalu lintas, dan berhenti otomatis saat ada orang yang menyeberang.

Lei Jun mengatakan bahwa untuk membuat mobil listrik otomatis ini, Xioami telah merekrut lebih dari 500 pekerja agar bisa menjadi pemimpin industri EV pada 2024.

Baca juga: Foxconn Investasi Rp 114 Triliun di Indonesia Bangun Ekosistem Mobil Listrik

“Sejak Xiaomi memasuki bisnis EV 500 hari lalu, tim (dari divisi) mengemudi otonom telah mengumpulkan lebih dari 500 anggota, (yang) berencana untuk menginvestasikan 3,3 miliar yuan (sekitar Rp 7,1 triliun) pada fase R&D pertama, dan berkomitmen untuk mengembangkan alogiritma sendiri. Kami ingin menjadi pemimpin industu pada 2024,” tulis Lei Jun.

Nantinya, selain bisa berkendara secara otomatis, teknologi dari “Xiaomi Pilot” bakal memungkinkan mobil tersebut melakukan pengisian daya secara otomatis juga. Lalu diikuti dengan kemampuan memarkir di parkiran valet, memarkir di tempat yang sudah dipesan, dan sebagainya.

Total 140 mobil listrik otonom akan dibuat Xiaomi untuk kebutuhan uji coba. Xiaomi juga telah berjanji akan berinvestasi sebanyak 10 miliar dollar AS (setara Rp 147 triliun) dalam mengembangkan bisnis mobil listrik pintar tersebut.

Ilustrasi mobil listrik.KOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi mobil listrik.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Senin (15/8/2022), untuk mengembangkan bisnis ini, Xiaomi telah melakukan beberapa akuisisi, salah satunya Shendong Tecnology (ST) yang mengembangkan teknologi “Autonomous Driving”.

Baca juga: Cara Pakai Smart Driving di Ponsel Oppo, Tak Ganggu Kegiatan Menyetir Mobil

Akuisisi tersebut memungkinkan Xiaomi memanfaatkan arsitektur dan teknologi dari ST yang sebelumnya memang sudah ada.

Sementara itu, investasi yang bakal dilakukan Xioami ke depannya adalah terlibat langsung di hampir 10 perusahaan pengembang mobil otonomos, baik dari perangkat lunak (software) maupun perangkat kerasnya (hardware).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com