Xiaomi Pamer Mobil Listrik Pesaing Tesla yang Bisa “Nyopir” Sendiri

Kompas.com - 15/08/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Pada 2021, Xiaomi mengenalkan unit bisnis baru yang berfokus di mobil listrik, yaitu Xioami EV (Electronic Vehicle). Kini, Xiaomi mengungkap wujud mobil listrik pesaing Tesla tersebut, dan memamerkan kemampuan berkendara otomatisnya.

Mobil listrik Xiaomi dilengkapi “Xiaomi Pilot Technology”, sehingga mampu berkendara sendiri secara otomatis, tanpa bantuan apa pun dari manusia.

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun melalui cuitannya di Twitter dengan handle @leijun, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Mobil Listrik Xiaomi Mulai Diproduksi 2024

“Xiaomi Test Pilot kami telah mencapai pengalaman berkendara yang aman dan mulus di berbagai macam kondisi. Lihat video di bawah ini untuk beberapa demo (mobil listrik Xiaomi),” tulis Lei Jun.

Video yang berdurasi 1 menit 31 detik ini memamerkan hasil uji coba mobil listrik Xiaomi yang berjalan secara otonom. Selama video berlangsung, terdapat beberapa sudut pandang kamera yang menampilkan kondisi dari mobil listrik tersebut di jalan raya.

Hal pertama yang dimunculkan dari video tersebut adalah kemampuan mobil untuk berhenti secara otomatis dan menunggu sampai jalanan sepi, agar dapat melakukan putar balik. Putaran yang diuji coba saat itu adalah putaran membentuk huruf “U” atau “U-turn”.

Mobil juga mampu menghindari mobil lain yang sedang mogok di tengah jalan, melakukan jalan setengah memutar, mempercepat dan memperlambat kecepatan mobil sesuai kondisi jalan, mematuhi aturan lalu lintas, dan berhenti otomatis saat ada orang yang menyeberang.

Lei Jun mengatakan bahwa untuk membuat mobil listrik otomatis ini, Xioami telah merekrut lebih dari 500 pekerja agar bisa menjadi pemimpin industri EV pada 2024.

Baca juga: Foxconn Investasi Rp 114 Triliun di Indonesia Bangun Ekosistem Mobil Listrik

“Sejak Xiaomi memasuki bisnis EV 500 hari lalu, tim (dari divisi) mengemudi otonom telah mengumpulkan lebih dari 500 anggota, (yang) berencana untuk menginvestasikan 3,3 miliar yuan (sekitar Rp 7,1 triliun) pada fase R&D pertama, dan berkomitmen untuk mengembangkan alogiritma sendiri. Kami ingin menjadi pemimpin industu pada 2024,” tulis Lei Jun.

Nantinya, selain bisa berkendara secara otomatis, teknologi dari “Xiaomi Pilot” bakal memungkinkan mobil tersebut melakukan pengisian daya secara otomatis juga. Lalu diikuti dengan kemampuan memarkir di parkiran valet, memarkir di tempat yang sudah dipesan, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Gizmochina


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.