Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Notion Kini Punya Asisten AI yang Bantu Bikin Terjemahan dan Ringkasan

Kompas.com - 17/11/2023, 11:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi produktivitas populer, Notion, kini dibekali asisten digital berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) "Q&A".

Notion sendiri adalah aplikasi produktivitas yang bisa digunakan untuk membantu manajemen. Notion biasanya dipakai untuk membuat catatan atau jadwal agar lebih teratur dan sederhana.

CEO Notion, Ivan Zhao, menggambarkan asisten AI Q&A Notion sebagai tools yang banyak tahu, khususnya soal proyek dan catatan pengguna. Asisten AI ini bisa menemukan informasi yang pengguna cari dalam waktu satu atau dua detik.

Secara umum, asisten AI Q&A di Notion ini memiliki tiga fungsi utama. Pertama, asisten AI Q&A bisa menjawab pertanyaan dan menemukan informasi dalam kumpulan file, folder, dan lampiran.

Pengguna bisa saja memiliki dokumen pekerjaan atau proyek yang menumpuk di Notion. Untuk memudahkan mencari informasi, pengguna tinggal bertanya ke Q&A, tak perlu lagi mengubek-ngubek file satu per satu.

Misalnya, pengguna ingin tahu soal tugas prioritas tim web minggu ini, apa yang didiskusikan dalam rapat sebelumnya, kapan desain situs baru dirilis, dan informasi lain.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Loop, Aplikasi Produktivitas Pesaing Notion

Asisten AI Q&A di Notion bisa menjawab pertanyaan dan menemukan informasi dalam kumpulan file, folder, dan lampiran. Notion Asisten AI Q&A di Notion bisa menjawab pertanyaan dan menemukan informasi dalam kumpulan file, folder, dan lampiran.
Pengguna tinggal memasukkan pertanyaan ke prompt "As Notion AI (Q&A Beta). Nantinya, asisten AI Notion akan menjawab pertanyaan pengguna, bila informasi tersedia di database Notion dan di kumpulan dokumen pengguna.

Asisten Q&A juga akan mencantumkan beberapa dokumen terkait di catatan kaki. Hal dalam upaya untuk memastikan tools AI tersebut tidak berhalusinasi dan mengarang informasi. Jadi, pengguna bisa memvalidasi jawaban dari asisten AI langsung ke dokumen terkait.

Bantu tulis dokumen

Asisten AI Q&A bisa membantu pengguna membuat draf, ringkasan, menerjemahkan, hingga menjelaskan jargon.Notion Asisten AI Q&A bisa membantu pengguna membuat draf, ringkasan, menerjemahkan, hingga menjelaskan jargon.
Asisten AI Q&A juga bisa membantu pengguna membuat draf dokumen. Pengguna bisa meminta Q&A untuk menulis rangkuman dan tabel dari hasil transkrip rapat yang disimpan di Notion.

Pengguna juga bisa meminta bantuan Q&A untuk menulis dalam bahasa Jepang, Spanyol, Jerman, dan lainnya.

Asisten AI Q&A di Notion juga bisa menjelaskan jargon-jargon agar lebih mudah dipahami orang awam hingga mengedit kata-kata di dokumen proposal agar lebih formal.

Bikin "To Do List" instan

Asisten AI Q&A di Notion bisa bikin tabel to do list berdasarkan level urgensi.Notion Asisten AI Q&A di Notion bisa bikin tabel to do list berdasarkan level urgensi.
Menurut informasi di situs resmi Notion, asisten AI Q&A bisa menganalisis hasil rapat dan menampilkan daftar langkah selanjutnya seperti to do list dalam bentuk poin-poin, secara instan.

To do list juga bisa dibuat dengan kotak centang (checked box), sehingga pengguna bisa mencoret tugas yang sudah selesai.

Tak hanya itu, asisten AI juga bisa membuat tabel tugas-tugas yang harus dikerjakan pengguna secara otomatis, berdasarkan level urgensinya.

Dari tabel tersebut, pengguna bisa melihat informasi terkait nama proyek/tugas, langkah selanjutnya yang harus dikerjakan, dan status tugas/proyek saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com