Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PicsArt Ignite Meluncur, Bawa Fitur Edit Foto Bertenaga AI

Kompas.com - 13/11/2023, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi edit foto populer, Picsart meluncurkan serangkaian fitur baru berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), disebut "PicsArt Ignite". Fitur ini terintegrasi dalam aplikasi PicsArt di Android maupun iOS, serta web.

PicsArt Ignite ini mencakup beragam alat atau tools bertenaga AI yang memungkinkan pengguna menghasilkan video, gambar, GIF, logo, latar belakang (background), kode QR, dan stiker.

Misalnya, ada tools AI Expand untuk memberikan detail tambahan pada gambar menggunakan AI. Ada fitur AI image generator untuk membuat gambar berdasarkan deskripsi teks sesuai keinginan pengguna, dan sebagainya.

PicsArt juga punya tools AI bernama AI art generator untuk membuat ilustrasi yang lebih abstrak dan artistik.

Kemudian ada, tools AI sticker maker untuk membuat stiker dan AI GIF generator untuk membuat gambar GIF. Bila butuh latar belakang unik, pengguna bisa menggunakan tools AI background generator.

Baca juga: Canva Magic Studio Meluncur Bawa 10 Fitur Edit Foto Bertenaga AI

Untuk mempercepat pengedit foto, PicsArt Ignite juga menyediakan tools AI replace, di mana pengguna bisa mengubah bagian tertentu di gambar secara instant. Misalnya, mengubah warna rambut, mengubah jenis pakaian, dan sebagainya.

Fitur AI Replace (kiri) untuk mengubah elemen dalam gambar dan AI background generator untuk membuat latar belakang foto yang baru dan unik.PicsArt Fitur AI Replace (kiri) untuk mengubah elemen dalam gambar dan AI background generator untuk membuat latar belakang foto yang baru dan unik.
Pengguna juga bisa mengubah gambar tangan menjadi gambar digital dengan tools SketchAI. Ada juga tools AI Filter untuk menambahkan beragam filter ke foto pengguna secara instan.

PicsArt Ignite juga menyediakan tools AI video generator untuk mengubah teks menjadi video singkat. Pengguna bisa menambahkan filter dengan tools AI video filter bahkan menghapus objek video dengan tools video object remover.

PicsArt Ignite juga menyediakan tools AI video generator untuk mengubah teks menjadi video singkat.PicsArt PicsArt Ignite juga menyediakan tools AI video generator untuk mengubah teks menjadi video singkat.
PicsArt Ignite juga memiliki fitur AI enhance untuk mempertajam hasil foto. Lalu, pengguna bisa membuat logo untuk bisnis atau lainnya dengan AI menggunakan fitur AI logo generator.

Tools AI lain yang bisa digunakan pengguna PicsArt termasuk AI avatar untuk membuat foto profil, AI content generator untuk membuat caption konten media sosial, serta AI text style untuk mendapatkan font yang unik seperti font pizza.

Baca juga: Chip Pemroses Gambar Vivo V3 Meluncur, Edit Foto Makin Cepat

Fitur-fitur tersebut bisa digunakan dengan cara pengguna memberikan deskripsi yang diinginkan dalam format teks. Kemudian tools AI PicsArt akan menghasilkan ilustrasi/stiker/background/GIF/gambar/logo/ sesuai perintah dari pengguna.

PicsArt Ignite juga memiliki tools AI text style untuk mendapatkan font yang unik seperti bentuk pizza.PicsArt PicsArt Ignite juga memiliki tools AI text style untuk mendapatkan font yang unik seperti bentuk pizza.
Picsart Ignite kini tersedia untuk semua pengguna di web Picsart, iOS, dan Android. Beberapa fitur tersedia digunakan secara gratis dan ada yang memerlukan langganan. Pengguna bisa mencoba beragam tools AI PicsArt Ignite lewat tautan berikut ini.

Peluncuran serangkaian tools AI untuk edit foto/video di PicsArt ini menambah panjang daftar perusahaan teknologi di bidang kreatif/desain yang mengandalkan AI, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Senin (11/11/2023).

Pada awal Oktober lalu, platform desain grafis populer, Canva juga meluncurkan "Magic Studio" yang berisi 10 fitur bertenaga AI. Belum lama ini, platform desain kolaboratif, Figma juga menambahkan tiga fitur AI generatif ke fitur FigJam whiteboard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com