Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur YouTube Ini Semula Hanya di iOS, Kini Tersedia di Android

Kompas.com - 17/11/2023, 19:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelanggan YouTube premium yang menggunakan perangkat Android, kini bisa menonton video dengan kualitas yang lebih bagus dari biasanya. YouTube merilis fitur 1080p Premium yang kini bisa dinikmati di Android, Web, dan SmartTV.

Sebelumnya, fitur tersebut hanya bisa dinikmati di ponsel dengan sistem operasi iOS alias iPhone saja.

Seperti namanya, fitur 1080p Premium memungkinkan pengguna menonton video YouTube 1080p dengan tampilan yang lebih tajam dan detail dari video berkualitas 1080p "reguler".

Bisa dibilang demikian karena dengan 1080p Premium, YouTube mengeklaim bahwa video akan memiliki peningkatan bitrate, di mana setiap piksel yang ada di dalam video akan memiliki lebih banyak informasi gambar.

Dengan begitu, kualitas video 1080p Premium secara umum akan lebih bagus dari video 1080p biasa.

Pantauan KompasTekno, Jumat (17/11/2023), fitur yang berlabel "1080p Premium" di menu kualitas video ini tampaknya sudah bisa dinikmati di Indonesia di YouTube versi Web dan SmartTV. Namun, fitur ini belum tersedia di YouTube versi Android.

Baca juga: 20 Video YouTube Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa

Ilustrasi fitur 1080p Premium di aplikasi YouTube smartphone (kiri), web (tengah), dan SmartTV (kanan).Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur 1080p Premium di aplikasi YouTube smartphone (kiri), web (tengah), dan SmartTV (kanan).

Kami pun mencoba menonton video 1080p yang sama di Web, SmartTV, dan ponsel Android. 

Kami bisa menemukan pilihan 1080p Premium di Web dan SmartTV. Namun, kami belum melihat pilihan 1080p Premium tersebut di aplikasi Android.

Ada kemungkinan fitur ini akan hadir di aplikasi Android dalam waktu dekat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogYouTube, Jumat (17/11/2023).

Selain 1080p Premium, pelanggan YouTube Premium juga bakal bisa menikmati beberapa fitur baru lainnya seperti fitur untuk melanjutkan tontonan video YouTube di perangkat lain, melihat riwayat dan pencapaian penggunaan fitur YouTube Premium, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Blokir Komentar Tidak Pantas di YouTube

Untuk menikmati aneka fitur YouTube anyar ini, pengguna harus memiliki versi terbaru dari aplikasi YouTube dan tentunya harus berlangganan YouTube Premium.

Di Indonesia, YouTube Premium dibanderol dengan harga Rp 59.000 per bulan untuk tipe Individual, Rp 34.990 per bulan untuk Student, dan Rp 99.000 per bulan untuk tipe Family (maksimal lima pengguna).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com