Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spek Asus ROG Phone 8 Ultimate, Pakai Snapdragon 8 Gen 3

Kompas.com - 22/11/2023, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus diyakini sedang menyiapkan smartphone gaming terbaru yang kemungkinan disebut ROG Phone 8 series.

Meski belum dirilis resmi, bocoran dari Asus ROG Phone 8 sudah beredar di internet, termasuk ROG Phone model tertinggi, yaitu model Ultimate.

Bocoran terbaru muncul dari situs benchmark Geekbench. Sebagai informasi, Geekbench merupakan salah satu situs yang populer untuk mengukur bagaimana performa sebuah smartphone di atas kertas.

Di situs ini, ROG Phone 8 Ultimate memiliki kode nomor ASUS_AI2401_D. Smartphone gaming ini meraih skor single-core 2.235 poin dan 7.098 untuk pengujian multi-core.

Baca juga: Unboxing Asus ROG Phone 7 Indonesia Versi Reguler

Angka itu kurang lebih sama seperti skor Geekbench yang diraih Snapdragon 8 Gen 3, sebagaimana dibagikan Qualcomm pada akhir Oktober lalu.

Selain skor performa ponsel, dari laman itu pula diketahui beberapa spesifikasi kunci dari ponsel tersebut.

Skor Geekbench Asus ROG Phone 8 UltimateGeekbench Skor Geekbench Asus ROG Phone 8 Ultimate

Menurut laman Geekbench, ROG Phone 8 Ultimate ditenagai oleh System on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm. Oleh karena itu skornya mirip seperti yang dibagikan Qualcomm. Saat itu, skor Snapdragon 8 Gen 3 adalah sekitar 2300 untuk pengujian single-core dan 7.500 untuk multi-core.

Di ROG Phone 8 Ultimate, chip itu dipadukan dengan RAM 24 GB. Geekbench juga menunjukkan bahwa ponsel gaming Asus ini berjalan dengan sistem operasi (OS) Android terbaru, yaitu Android 14.

Baca juga: Asus ROG Ally Z1 Versi Murah Resmi Meluncur, Indonesia Kapan Kebagian?

Selain chipset, RAM dan sistem operasi, tidak ada detail spesifikasi lain yang ditampilkan di laman Geekbench, misalnya soal kapasitas baterai atau resolusi kamera.

Belum lama ini ROG Phone 8 Ultimate muncul di situs web sertifikasi China 3C. Di situs 3C, ROG Phone 8 Ultimate juga muncul dengan kode ASUS_AI2401_D.

Menurut laman itu, suksesor dari ROG Phone 7 Ultimate itu bakal dibekali dukungan fast charging 67 watt dan konektivitas 5G. Smartphone ini juga tercatat punya opsi RAM 16 GB.

Adapun Asus ROG Phone 8 diyakini hadir dalam tiga model, yaitu ROG Phone 8 "reguler", ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Ultimate. Ketiga smartphone ini disebut-sebut bakal tampil dengan panel layar AMOLED.

Asus belum mengungkap kapan ponsel gaming generasi baru itu diresmikan. Namun bila mengacu generasi sebelumnya ROG Phone 7 yang rilis April 2022, maka ROG Phone 8 series sekitar bulan tersebut atau setidaknya tahun depan, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (22/11/2023).

Konfirmasi pakai Snapdragon 8 Gen 3

Asus memang belum mengungkapkan jadwal peluncuran ROG Phone 8 series. Namun perusahaan asal Taiwan itu memastikan bahwa ponsel ROG generasi baru bakal ditenagai Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga: Bocoran Kinerja Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A17 Pro, Mana yang Lebih Kencang?

Pernyataan itu disampaikan Asus lewat postingan di media sosial China, Weibo pada 23 Oktober 2023. Akun resmi Asus ROG di Weibo mengunggah foto Snapdragon 8 Gen 3. Postingan itu juga dilengkapi dengan caption "ROG dan Qualcomm, nantikan".

Postingan itu secara tidak langsung mengonfirmasi bahwa ponsel generasi baru ROG bakal ditenagai oleh chip tersebut.

Adapun Snapdragon 8 Gen 3 diklaim menawarkan peningkatan performa 30 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 2. Efisiensi baterainya juga meningkat sampai 20 persen dibanding pendahulunya. Peningkatan lainnya yaitu pada aspek pengolah grafis sampai 25 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com