Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Typo, Asus Indonesia Tambah Garansi Motherboard Evangelion

Kompas.com - 16/11/2023, 14:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World


KOMPAS.com -
Asus kembali merilis serangkaian hardware dan aksesori komputer bertema anime Evangelion, salah satunya motherboard ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition yang bernuansa serba merah.

Belakangan, produk tersebut menarik perhatian lantaran ada kesalahan ketik yang membuat nama Evangelion salah dieja menjadi "Evangenlion", ketambahan huruf "n" sebelum "l".

Tulisan nama Evangelion yang typo itu terdapat pada baris vertikal di bagian I/O shroud di sisi kiri motherboard yang menutupi heatsink VRM.

Baca juga: Asus Perkenalkan Kartu Grafis GeForce RTX 4090 Edisi Evangelion

Meskipun hanya satu huruf, kesalahan ketik membuat pembeli ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition meradang. Apalagi harga motherboard untuk prosesor Intel generasi ke-12/13/14 ini tidak murah, mencapai 700 dollar AS atau Rp 11 juta.

Menanggapi persoalan tersebut, Asus menawarkan program penggantian untuk pemilik ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition, sekaligus tambahan masa garansi selama satu tahun.

Kesalahan ketik nama Evangelion di motherboard Asus ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition Asus Kesalahan ketik nama Evangelion di motherboard Asus ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition

Disebutkan juga bahwa Asus akan turut menyediakan pengganti berupa dekorasi dengan ejaan "Evangelion" yang benar, yang bisa dipakai oleh pengguna untuk mengoreksi kesalahan ketik di produk miliknya.

"Untuk pengguna yang terlanjut memasang motherboard, penting dicatat bahwa kesalahan ketik murni bersifat estetik dan tidak berpengaruh apapun terhadap fungsionalitas atau kinerja," ujar Asus dalam sebuah pernyataan.


Berdasarkan laporan PC World yang dihimpun KompasTekno, Kamis (16/11/2023), pembeli ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 Edition sebenarnya sudah menyadari adanya kesalahan ketik tersebut sejak September.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Asus Zenfone 10, HP Mini Bertenaga Besar

Namun, mungkin lantaran belum mengetahuinya, Asus baru memberikan tanggapan setelah YouTuber hardware PC Jayztwocent mengunggah kicauan tentang kesalahan ketik tersebut awal pekan ini.

Kebijakan Asus Indonesia, bisa bawa ke service center

Public Relations Manager Asus Indonesia Rhesa Rudiansyah membenarkan bahwa ada kesalahan ketik di motherboard ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 yang juga dijual di Indonesia.

Sebagai solusinya, saat ini Asus melakukan produksi nameplate pengganti untuk memperbaiki typo di prouduk terkait.

"Nantinya, user yang sudah membeli unit motherboard di Indonesia akan bisa membawa motherboard mereka ke service center Asus untuk dilakukan penggantian nameplate motherboard oleh tim kami," ujar Rhesa ketika dihubungi KompasTekno, Kamis (16/11/2023).

Selain itu, Rhesa juga mengonfirmasi kebijakan tambahan masa garansi untuk motherboard ROG Maximus Z790 Hero Eva-02 di Indonesia, yakni dari sebelumnya 3 tahun menjadi 4 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com