Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Moch S. Hendrowijono
Pengamat Telekomunikasi

Mantan wartawan Kompas yang mengikuti perkembangan dunia transportasi dan telekomunikasi.

kolom

Skema MOCN Rangsang Merger Operator Seluler

Kompas.com - 23/11/2023, 11:48 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SKEMA kerja sama (sharing) prasarana seluler, umum dimanfaatkan beberapa operator internasional. Malaysia dan Hongkong melaksanakannya sejak awal dekade lalu.

Skema yang disebut sebagai MOCN (multi operator core network) atau juga MORAN (multi operator radio access network) diakui sangat menghemat biaya.

MOCN memungkinkan operator jaringan menyediakan akses ke jaringan akses radio tunggal oleh operator lain. Setiap operator mengoperasikan jaringan intinya sendiri, termasuk satu atau lebih node independen.

Dalam skema MORAN, semua yang ada di RAN (antena, menara, situs, daya) dibagi antara dua atau lebih operator.

Dengan MOCN, dua atau lebih jaringan inti berbagi RAN yang sama, artinya operator saling berbagi, yang membuat operator lebih mempercepat proses konsolidasi.

Skema berbagi jaringan seperti ini membuat bagi-bagi pendapatan (revenue sharing) yang selama ini banyak dipersoalkan (terutama oleh operator papan atas) dapat dieliminir.

Pendapatan satu jaringan yang digunakan dua operator yang merger akan masuk ke satu pintu, BHP (biaya hak penggunaan) frekuensi juga hanya dibayarkan satu operator.

Menurut pengalaman berbagai operator yang telah melakukan network sharing dengan skema MOCN, sharing membawa banyak manfaat. Terjadi penghematan biaya modal (capex – capital expenditure) maupun biaya operasi (opex – operational expenditure) rata-rata sebesar 40 persen.

Sayangnya Indonesia masih belum punya aturan soal kerja sama infrastruktur seperti MOCN dan MORAN, sehingga belum memungkinkan terjadinya sharing prasarana antara dua atau lebih operator seluler.

Apa yang dilakukan Indosat, tanpa melawan aturan yang belum ada, menyatukan spektrum frekuensi, teknologi dan BTS (base transceiver station) milik Indosat dengan Hutchison Tri Indonesia (3).

Perluas jaringan

Efek merger Indosat dengan Hutchison 2021, pada 2022 MOCN meningkatkan pendapatan hingga 48,9 persen, dari Rp 31,4 triliun menjadi Rp 46,7 triliun lebih.

EBITDA (earns before interest, tax, depreciation and amortization – pendapatan sebelum bunga, pajak, penghapusan dan amortisasi), tercatat Rp 19,5 triliun meningkat 40,2 persen, dengan margin EBITDA 41,6 persen.

Setelah puasa sekian lama, skema MOCN membuat Indosat meraih laba bersih Rp 4,723 triliun, naik dengan 76,2 persen dibanding akhir 2021.

Pelanggan seluler pun meningkat 62,5 persen menjadi 102,2 juta, walau kemudian turun menjadi 100 juta efek upaya pembersihan nomor-nomor pelanggan yang lama tidak aktif.

Kenaikan pendapatan Indosat tidak berhenti sampai akhir 2022, mereka berhasil meraih kenaikan pendapatan sebesar 8,48 persen pada triwulan III 2023 sebesar Rp 37,46 triliun, naik dari Rp 34,5 triliun pada periode sama tahun 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com