Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

K-pop The Show Resmi Meluncur, Game untuk Pencinta Idol Korea Selatan

Kompas.com - 27/11/2023, 18:01 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - GameK-pop The Show” sudah resmi meluncur dan tersedia untuk perangkat Android ataupun iOS. Permainan idol game ini bergenre rhythm, dikembangkan oleh Starlike, dan ditebitkan oleh JStair.

The Show adalah program acara musik di televisi Korea Selatan. Program acara ini dimiliki dan disiarkan oleh SBS Medianet sejak 2014. Boleh dikatakan, game K-pop The Show yang diluncurkan merupakan adaptasi dari program acara musik tersebut.

Lewat kerja sama yang dilakukan Jstar, Starlike, dan SBS Medianet, seluruh permainan yang ditawarkan K-pop The Show akan seputar musik idol ataupun grup band populer di Korea Selatan.

Baca juga: Developer Asal Jogja Bikin Game Simulasi K-Pop, Pemain Bisa Jadi Manager Girlband

“Kami menyediakan rekaman dari acara (The Show) ke dalam game ini dan memberi pengalaman unik dan menarik kepada seluruh penggemar K-pop di seluruh dunia,” ujar tim pengembang dari JStair.

Nah, tujuan dari permainan ini adalah mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Konsep permainannya mirip seperti Piano Tiles. Pengguna bisa mendapatkan poin dengan menekan tiles tepat di garis batas untuk mendapatkan nilai sempurna.

Tiles akan berjalan mengikuti tempo dan lirik lagu yang dinyanyikan. Pengguna yang sudah sering mendengar dan hafal dengan tempo atau lirik lagu akan lebih lebih mudah bermain game ini.

Tampilan dari game K-pop The Show yang sudah bisa diunduh di toko aplikasi resmiKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tampilan dari game K-pop The Show yang sudah bisa diunduh di toko aplikasi resmi

Durasi dari setiap permainan juga cukup singkat, sekitar 30 detik hingga 1 menit. Lagu yang dimainkan tidak diputar sepenuhnya dari awal sampai akhir, hanya di bagian awal bait sampai reff pertama saja.

Saat memainkan level pertama, tempo tiles yang dimunculkan dibuat lebih lambat. Ketika sudah naik ke level selanjutnya, tempo akan dibuat lebih banyak dan dibuat lebih cepat. Jadi, satu chapter terdiri dari berbagai macam level.

Semakin tinggi level dalam satu chapter, tingkat kesulitannya juga akan ikut naik. Untuk bisa menuju level selanjutnya yang lebih sulit, pengguna tetap harus menyelesaikan level pertama.

Selama di dalam game, akan muncul rekaman acara “The Show” sebagai latar belakang permainan. Berdasarkan keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (27/11/2023), K-pop The Show menampilkan 30 katalog lagu baru.

Baca juga: Spotify Luncurkan Situs Khusus K-Pop

Ke-30 lagu yang ditampilan juga termasuk 17 trek yang dinyanyikan 12 grup idol. Setiap lagu dan rekaman yang ditampilkan akan terus mengalami pembaruan secara rutin. Permainan ini pun cocok untuk penggemar musik dan band K-Pop.

Namun, pengguna hanya dimungkinkan bermain selama 20 kali menggunakan tiket gratis yang tersedia. Jumlah tiket akan terisi ulang alias di-refill otomatis setiap 20 menit sekali. Bila tidak ingin menunggu, pengguna dapat membeli tiket tambahan dengan harga tertentu.

Selain itu, ada sejumlah misi yang harus diselesaikan. Pengguna yang berhasil menyelesaikan misi akan mendapat poin tambahan dan bintang. Fungsi bintang juga membantu pengguna menyelesaikan misi harian.

Pantauan KompasTekno, game K-pop The Show sudah ada di Indonesia. Pengguna bisa mengunduh aplikasi di toko aplikasi resmi Google Play Store (Android) dan Apple App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com