Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Nama Domain ".Meme", Begini Cara Beli dan Harganya

Kompas.com - 29/11/2023, 10:43 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google Registry, unit bisnis Google yang fokus pada layanan penyedia domain, meluncurkan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .meme (dot.meme). Domain tersebut diumumkan perusahaan lewat blog resmi Google.

Kehadiran domain .meme bisa dibilang menarik. Sebab, kata "meme" biasanya digunakan sebagai istilah lelucon atau konten (biasanya gambar atau video) unik nan menggelitik yang beredar di internet.

Artinya, TLD .meme ini bisa digunakan berbagai website di internet untuk menandakan bahwa platform mereka adalah platform untuk hiburan, platform untuk mengekspresikan sesuatu yang unik atau random, dan lain sebagainya.

Meski baru diumumkan, Google menyebutkan domain .meme sudah dipakai berbagai platform internet yang memang fokus untuk menyebarkan candaan di internet.

Beberapa di antaranya, situs database meme Know Your Meme (knowyour.meme), platform untuk membuat meme gambar gerak (GIF) Tenor (find.meme dan create.meme), situs web meme kucing cemberut alias Grumpy Cat (grumpycat.meme), dan masih banyak lagi.

Ingin menggunakan TLD .meme ini? Pendaftaran domain .meme akan dibuka ke publik pada 5 Desember 2023 mendatang pukul 16.00 waktu UTC atau 23.00 WIB.

Baca juga: Asal Muasal 10 Istilah Populer di Internet, dari Meme hingga Troll

Grumpy Cat, seekor kucing yang menjadi salah satu objek meme populer di media sosial.Instagram realgrumpycat Grumpy Cat, seekor kucing yang menjadi salah satu objek meme populer di media sosial.

Kendati demikian, Google sudah membuka akses awal alias pendaftaran prioritas domain .meme mulai hari ini. Artinya, pengguna yang tertarik bisa mendaftar domain .meme lewat perusahaan registrar domain, seperti Go Daddy, MrDomain, 101domain dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah Tuvalu, Negara yang Mendulang Pendapatan Besar dari Domain Internet

Pelanggan juga bisa mengecek ketersediaan TLD .meme yang diinginkan lewat situs https://get.meme/ sebelum membelinya di situs registrar domain tadi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Rabu (29/11/2023).

Nah, untuk akses prioritas sebelum perilisan publik, pelanggan harus membayar biaya ekstra di luar biaya langganan domain .meme. Biaya ini dibayarkan hanya satu kali saja (additional one-time fee).

Untuk gambaran biaya registrasi awal, pantauan KompasTekno di registrar GoDaddy untuk domain "akumauini.meme" (domain untuk contoh), misalnya, kami bisa membeli domain tersebut dengan harga Rp 315.000 per tahun.

Namun, harga ini berlaku pada 5 Desember mendatang. Apabila ingin memiliki domain tersebut lebih awal, pengguna bisa membelinya dengan harga Rp 58 juta per tahun apabila mereka membelinya hari Rabu (29/11/2023) hari ini.

Harga ini akan berkurang seiring berjalannya waktu mendekati perilisan publik domain .meme. Ketika membeli domain akumauini.meme di atas tadi pada Minggu (3/12/2023) mendatang, contohnya, harganya akan turun drastis menjadi Rp 2,2 juta.

Baca juga: Kisah Pilu di Balik Meme Lucu Wanita dan Kucing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com