Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip MediaTek Dimensity 9300 Dikeluhkan Throttling, Kinerja Terpangkas Setengah

Kompas.com - 29/11/2023, 12:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - MediaTek mengambil langkah berani dengan chip terbarunya, Dimensity 9300. Alih-alih menggunakan kombinasi inti CPU performance dan efficiency seperti SoC mobile lain pada umumnya, MediaTek hanya menanamkan core berkinerja tinggi.

Spekulasi pun bermunculan terkait kemungkinan turunnya kinerja Dimensity 9300 karena panas yang dihasilkan. Pengujian atas Vivo X100 Pro, ponsel flagship pertama yang dibekali Dimensity 9300, agaknya membuktikan kekhawatiran tersebut.

Saat diuji menggunakan aplikasi CPU Throttling Test oleh pengguna X/ Twitter Sahil Karoul, terlihat bahwa CPU Dimensity 9300 di Vivo X100 Pro rentan melambat karena panas.

Baca juga: MediaTek Dimensity 9300 Resmi, Chip Pesaing Kuat Snapdragon 8 Gen 3

Penurunan kinerjanya terbilang besar, mencapai 46 persen atau lebih dari setengahnya, dalam waktu pengujian 15 menit. Throttling CPU sudah mulai terjadi ketika tes baru berjalan 2 menit. Padahal, Vivo X100 Pro memiliki pendingin vapor chamber yang mumpuni.

MediaTek Dimensity 9300 di Vivo X100 Pro mengalami throttling hingga kinerjanya terpangkas lebih dari setengah dalam pengujian CPU Throttling Test oleh pengguna Twitter Sahil KaroulSahil Karoul/ Twitter MediaTek Dimensity 9300 di Vivo X100 Pro mengalami throttling hingga kinerjanya terpangkas lebih dari setengah dalam pengujian CPU Throttling Test oleh pengguna Twitter Sahil Karoul
Dari kedelapan inti CPU di Dimensity 9300, salah satunya mengalami penurunan clockspeed hingga hanya 0,6 GHz. Empat inti CPU turun ke 1,2 GHz, sementara tiga sisanya 1,5 GHz.

Throttling adalah mekanisme proteksi otomatis di chip semikonduktor dengan cara menurunkan kecepatan untuk mencegah kerusakan akibat panas. Jika terjadi throttling, artinya chip sudah mencapai batas maksimum panas dan mesti diperlambat agar selamat.

Sebenarnya CPU Throttling Test merupakan pengujian ekstrim karena memberi beban sangat besar ke CPU sehingga jauh menaikkan suhu. Skenario tersebut jarang ditemui di penggunaan sehari-hari. SoC lain pun mengalami throttling ketika diuji dengan aplikasi ini.

Namun, penurunan kinerja CPU SoC Mobile di CPU Throttling Test biasanya tidak sebesar yang dialami Dimensity 9300 dalam pengujian Sahil Karoul.

Misalnya, GSM Arena mencatat bahwa SoC Snapdragon 8 Gen 2 umumnya baru mengalami penurunan kinerja ke angka 80 persen setelah pengujian berjalan lebih dari 10 menit, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Vivo X100, HP Pertama Ber-chip Dimensity 9300 Masuk Indonesia 2024

Pengujian lain oleh kanal YouTube C4ETech English ikut menunjukkan bahwa kinerja GPU Dimensity 9300 di Vivo X100 Pro tidak konsisten dalam menjalankan uji 3D Mark Wild Life Extreme Stess Test, dengan skor Stability di kisaran 40 persen.

MediaTek Dimensity 9300 sendiri memiliki delapan inti CPU dengan konfigurasi 1+3+4, terdiri dari satu buah core prime Cortex-X4 3,25 Ghz, tiga inti Cortex-X4 2,94 GHz, dan empat Cortex-A720 2 GHz. Semuanya merupakan jenis performance core.

CPU Dimensity 9300 didampingi pengolah grafis (GPU) Immortalis-G720 MC12 dengan 12 inti yang mendukung ray tracing berbasis hardware. GPU ini disebut memiliki performa 46 persen lebih tinggi dan 40 persen lebih hemat daya dibanding GPU di Dimensity 9200 sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com